Akal Bulus Kasun Nikahi Gadis: Dirayu-Dijanjikan Rumah dan Pajero

Akal Bulus Kasun Nikahi Gadis: Dirayu-Dijanjikan Rumah dan Pajero

Tim detikJatim - detikJatim
Selasa, 14 Jun 2022 13:40 WIB
Kasun di Ngawi
Kasun Ngawi, SM yang nikahi gadis 16 tahun (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Ngawi -

Seorang kepala dusun (kasun) Dung Banteng, Kedunggalar, Ngawi, SM (50) menikahi secara siri gadis di bawah umur berusia 16 tahun. Sang gadis bersedia dinikahi karena dijanjikan mas kawin uang, mobil Pajero, rumah, hingga tanah.

Namun janji itu hanyalah janji belaka. Tak semua mahar tersebut diberikan. Saat pernikahan secara diam-diam, gadis itu hanya uang diberi mas kawin uang Rp 500 ribu dan seperangkat alat salat.

"Iya bilangnya mau dibelikan tanah sama mobil Pajero trus habis nikah mau diboyong dan dibikinkan rumah ternyata bohong," kata Hartini (34), ibu kandung si gadis kepada detikJatim Minggu, (12/6/2022).

Diketahui, Hartini telah bercerai dengan ayah korban. Saat ini Hartini telah menikah lagi dan tinggal di Aceh.

Hartini menyampaikan, kabar itu ia terima dari ibu tiri anaknya yang tinggal serumah bersama kakek dan neneknya. Hartini pun juga menemukan kejanggalan lain dalam pernikahan siri anak kandungnya tersebut.

Selain itu, saat berlangsungnya nikah siri, ayah kandung anaknya oleh penghulu diminta keluar dari ruang tempat pernikahan. Namun saat si ayah disuruh masuk, sang penghulu mengatakan kedua mempelai telah sah menjadi suami istri.

"Kemarin bilangnya gitu (Nikah siri) tapi waktu anaknya mau diijabkan, bapaknya disuruh keluar sebentar pas dipanggil masuk bilangnya sudah sah (Suami istri)," ungkapnya.

Tak hanya itu, sebelum dinikahi, ternyata korban telah diperkosa terlebih dulu oleh kasun tersebut. Persetubuhan ini dilakukan pada April 2022 di sebuah hotel. Padahal pernikahan baru digelar pada Juni 2022.

Sementara pelaku mengaku, perbuatan bejatnya ia lakukan karena ia kesepian ditinggal sang istri bekerja di luar negeri. Dia juga mengakui telah mengajak korban ke hotel April 2022.

"Istri kerja di luar negeri (kesepian). Tidak tahu kalau di bawah umur. Katanya sudah SMA gitu," jelas pelaku.

Di hadapan wartawan dan kapolres, pelaku meminta maaf. Dia mengaku khilaf, sehingga menikahi korban.

"Saya mohon maaf atas semua perbuatan saya," kata SM sambil menahan tangis.

Kini, sang kasun sudah jadi tersangka dan dipenjara. Ternyata terungkap, usai malam pertama, sang kasun malah minggat meninggalkan gadis berusia 16 tahun tersebut.

"Waktu itu setelah nikah siri langsung pulang, besoknya setelah malam pertama," ujar SM.

SM mengatakan, dirinya mengaku terpaksa meninggalkan korban yang dinikahi siri. Penyebabnya, karena ada masyarakat yang tidak berkenan. Saat itu, lanjut SM, pagi setelah malam pertama, dirinya pulang ke rumahnya di Dusun Dung Banteng.

Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya mengatakan SM telah jadi tersangka dan langsung ditahan. SM terbukti melakukan tindakan persetubuhan dengan anak di bawah umur hingga terjadi pernikahan siri.

"Jadi, SM terbukti bersalah melakukan tindakan asusila dengan melakukan persetubuhan dengan anak di bawah umur. Bahkan, hingga terjadi pernikahan siri," kata Winaya.

Winaya mengatakan, pelaku mengakui perbuatan persetubuhan dilakukan sejak April 2022. Korban yang masih berusia 16 tahun juga mengakui perlakuan pelaku. "Korban dan pelaku mengakui persetubuhan dilakukan sejak April," tambah Winaya



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)