Kuras Perhiasan Rp 20 Juta, Pembobol Rumah di Surabaya Diringkus

Deny Prastyo Utomo - detikJatim
Jumat, 13 Mei 2022 17:59 WIB
Ilustrasi Pencurian Rumah
Ilustrasi. (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Polisi mengamankan pelaku pembobol rumah yang mencuri perhiasan di Sambikerep, Surabaya. Pelaku mencuri perhiasan senilai Rp 20 juta.

Satu orang diamankan berinisial ANM (33) warga Surabaya itu diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Lakarsantri pada awal Mei lalu.

Pelaku yang sehari-sehari menganggur itu nekat membobol rumah dan menguras perhiasan milik warga di Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Senin (4/4)

Kapolsek Laksantri Kompol Hakim mengatakan, saat mencuri pelaku hanya bermodal obeng.

Kejadian itu bermula pukul 12.00 WIB. Saat itu korban baru saja pulang ke rumah. Ia pun curiga. Ia ingat mengunci rumah dua kali tapi ketika pulang hanya terkunci satu kali.

"Sewaktu korban masuk ke dalam kamar dan mengetahui pintu lemari terbuka dan kondisi lemari sudah berantakan, oleh korban dilakukan pengecekan ternyata gelang dan uangnya hilang," ungkap Hakim.

Mengetahui hal itu korban melapor ke Polsek Lakarsantri. Setelah itu, Unit Reskrim Polsek Lakarsantri, Surabaya melakukan serangkaian penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku.

Setelah dilakukan interogasi terbongkar jika modus yang dilakukan pelaku membuka pintu dengan cara merusak rumah kunci pintu menggunakan obeng warna hitam.

Setelah itu, ia masuk melalui pintu utama dan menuju kamar, membuka lemari pakaian, kemudian menguras gelang dan uang Rp 1,4 juta yang disimpan di dompet.

"Kerugian korban mencapai sekitar 20 juta," kata Hakim.

Polisi mengamankan barang bukti empat lembar surat perhiasan dan satu obeng yang digunakan pelaku. Atas perbuatannya tersangka terancam Pasal 363 KUHP.



Simak Video "Terekam CCTV! Emak-emak Berhijab Curi 2 Toko Mainan di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)