Curi Kotak Amal Demi Mudik, Pria Ini Harus Lebaran di Tahanan

Sugeng Harianto - detikJatim
Rabu, 20 Apr 2022 14:02 WIB
maling kotak amal di banyuwangi
Pelaku pencurian kotak amal di Ngawi (Foto: Dok. Polsek Geneng)
Ngawi -

Seorang pemuda asal Banyumas, Jateng harus berurusan dengan polisi di Ngawi. SP warga Kecamatan Kalibagor tersebut melakukan aksi pencurian kotak amal di musala Al- Ikhlas di Dusun Kedungglagah, Desa Sidorejo, Geneng.

"Betul pemuda tersebut asal Banyumas Jawa Tengah terlibat aksi pencurian kotak amal di Ngawi. Bisa dipastikan dia lebaran di ruang tahanan. Kejadian kemarin Selasa (18/4) pagi," ujar Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya saat dikonfirmasi detikJatim Rabu (20/4/2022).

Pencurian yang akan dilakukan pria 30 tahun tersebut, kata Winaya, gagal karena diketahui oleh warga setempat. Warga curiga ada sepeda motor yang terparkir di halaman musala.

"Jadi percobaan pencurian uang kotak amal bermula ketika Nur Rochim warga setempat melihat sepeda motor pelaku Honda Supra Fit yang parkir di depan musala. Dilihat dari luar musala tidak terlihat orang di dalam musala kemudian setelah didekati pelaku tersebut berusaha membuka kotak amal yang berada di pojokan ruang musala dan ditegur, pelaku gugup," kata Winaya.

Winaya mengatakan dari keterangan pelaku, dia nekat mencuri kotak amal lantaran butuh biaya beli komponen sepeda motor. Sepeda motor yang rusak rencananya oleh pelaku akan digunakan untuk mudik.

"Dari pengakuan pelaku rencana uang hasil curian akan digunakan untuk beli komponen sepeda motor yang rusak. Rencana motornya mau dipakai mudik," tandasnya.

Kapolsek Geneng Iptu Farid Suharta mengatakan bahwa dari keterangan warga sekitar yang bersangkutan sering mencari mangsa pencurian dengan sasaran kotak amal. "Dari keterangan warga infonya pelaku meresahkan masyarakat sering cari sasaran untuk dilakukan pencurian,' jelas Farid.

Farid menambahkan bahwa pelaku dijerat dengan Pasal 364 jo Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman 2 bulan penjara. "Pasal 364 jo Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman 2 bulan penjara. Oleh warga minta di proses biar ada efek jera," tandasnya.



Simak Video "Aksi Bak 'Spider-Man' Maling Kotak Amal di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)