Motif Maling Kotak Amal Viral di Malang, Untuk Hidup Bareng Pacar

Muhammad Aminudin - detikJatim
Jumat, 08 Apr 2022 21:43 WIB
Pelaku saat menyerahkan diri
Pelaku saat menyerahkan diri/Foto: Tangkapan layar
Malang -

Aksi maling kotak amal di Kota Malang terekam CCTV. Pelaku kemudian menyerahkan diri usai viral di media sosial.

Pelaku adalah F (18), warga Lawang, Kabupaten Malang. Dalam pengakuannya, ia juga mencuri kotak amal di sejumlah tempat lain.

"Tadi ngakunya di Hari Rabu itu, mencuri empat tempat," kata Ketua RT setempat Pujianto kepada detikJatim, Jumat (8/4/2022).

Sedangkan untuk motifnya, lanjut Pujianto, pelaku nekat mencuri karena untuk kebutuhan sehari-hari bersama pacarnya.

"Katanya untuk membiayai hidupnya dan pacarnya," beber Pujianto.

Usai menyerahkan diri, pelaku langsung diserahkan ke Polsek Kedungkandang. Pelaku langsung diantarkan oleh warga. Saat ini pelaku telah diamankan dan diperiksa di mapolsek.

Sebelumnya, aksi maling kotak amal di Kota Malang terekam CCTV. Potongan rekaman tersebut kemudian beredar viral di media sosial.

Dalam rekaman video berdurasi 1 menit 43 detik itu, tampak seorang pemuda mengenakan jaket hitam dan celana biru masuk ke dalam musala.

Tak lama, pelaku lalu mendekati kotak amal dan menggulingkan. Setelah itu, pelaku langsung mencongkel dan mengambil uang dari dalam kotak.

Usai menguras uang, pelaku tampak lagi mendekati kotak amal lainnya yang berada di saf perempuan. Sama dengan sebelumnya, kotak amal digulingkan dan dicongkel serta dikuras isinya.

Berhasil menguras isi kotak amal, pelaku kemudian keluar musala. Ia kemudian melenggang pergi dengan motor yang diparkir di depan musala.

Penelusuran detikJatim, peristiwa pencurian itu terjadi di musala wakaf Miftakhul Huda di Jalan Raya Cemorokandang, Kedungkandang, Kota Malang.



Simak Video "Momen Tim Damkar Evakuasi Mobil Sedan Tercebur di Kali Sunter Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/abq)