Pemuda yang Bawa Kabur Gadis Surabaya ke Blitar Jadi Tersangka

Pemuda yang Bawa Kabur Gadis Surabaya ke Blitar Jadi Tersangka

Deny Prasetyo - detikJatim
Senin, 21 Mar 2022 21:31 WIB
Pelaku bawa kabur gadis Surabaya jadi tersangka
Pelaku yag bawa gadis Surabaya ditetapkan jadi tersangka (Foto: Deny Prasetyo/detikJatim)
Surabaya -

Pemuda berinisial P (21) yang membawa kabur atau minggat seorang gadis asal Surabaya ke Blitar ditetapkan jadi tersangka. Selain itu, dia juga ditahan.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana mengatakan pelaku sudah ditangkap dan sudah diproses oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Surabaya. Hal ini berkat informasi dari pihak keluarga.

Mirzal pun menjelaskan kronologi kejadian. Awalnya, P mengajak korban menginap di sebuah kos kawasan Surabaya. Saat menginap bersama, P memperkosa korban.

"Kemudian di Blitar, dititipkan ke rumah saudaranya (tersangka), kemudian temannya juga melakukan perbuatan yang sama terhadap korban. Ini membuat korban mengalami trauma," ungkap Mirzal.

Terkait kasus ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan juga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) untuk penanganan korban.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak orang tua (korban) yang turut serta membantu, kami mengapresiasi kepada orang tua juga pro aktif membantu kasus ini," ujar Mirzal.

Mirzal mengimbau kepada masyarakat, jika ditemukan kasus yang sama agar berkoordinasi dengan pihak berwajib.

"Karena perbuatan buat penangkapan atau pun menangkap pelaku itu pun merupakan perbuatan hukum yang mempunyai pertanggungjawaban, sehingga alangkah baiknya ada persoalan seperti itu tetap melakukan koordinasi dengan pihak penyidik, sehingga pertanggungjawaban hukumnya jelas. Sehingga kita bisa memproses sesuai prosedur maupun peraturan undang-undang yang berlaku," ungkap Mirzal

"Terima kasih terhadap keluarga dan saya mengimbau kepada masyarakat, ini berkaitan dengan keamanan masyarakat sendiri yang akan melakukan tindakan di luar hukum tanpa berkoordinasi dengan pihak kepolisian, lebih baik koordinasi karena demi keamanan masyarakat itu sendiri," tambahnya.

Sedangkan tersangka MT sudah dilimpahkan ke Polres Blitar usai dilakukan pemeriksaan di Unit PPA Satreskrim Polrestabes Surabaya. "Yang bersangkutan mengambil keuntungan di situ, dengan memperdaya si korban dan melakukan persetubuhan (terhadap) anak," ujar Mirzal.

Terhadap tersangka PJ (21), yang telah melakukan perbuatan membawa pergi, seorang wanita yang belum dewasa dan persetubuhan anak kami kenakan Pasal 332 KUHP dan atau Pasal 81 UU RI No 17 Tahun 2016 Jo Pasal 76 UU RI No 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

"Ancaman hukumannya 15 tahun," ungkap Mirzal.



Simak Video "Turis Israel Terjangkit Omicron Kabur Berhari-hari dari Karantina di Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/hil)