Guru Pukul Siswa SMP di Surabaya Akan Diperiksa Inspektorat

Esti Widiyana - detikJatim
Sabtu, 29 Jan 2022 18:14 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Eri Cahyadi di sekolah gusu pukul siswa (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan guru SMP yang memukul siswanya akan dipanggil untuk diperiksa. Pemeriksaan akan dilakukan Inspektorat Surabaya.

"Akan ada pemeriksaan, pasti lah, inspektorat dilakukan juga," kata Eri, Sabtu (29/1/2022).

Mnurut Eri, dari keterangan sekolah, oknum guru sudah meminta maaf secara langsung ke siswa dan orang tuanya. Itu dilakukan sebelum video itu viral.

"Gurunya setelah melakukan dan sebelum viral sudah minta maaf ke orang tuanya. Karena semua bisa dilakukan secara kekeluargaan. Tapi memang harus dilewati semuanya," jelasnya.

Dengan kejadian ini, Eri mengimbau kepada guru agar tidak melakukan kekerasan lagi. Sebab dampaknya akan panjang. Ia juga akan melakukan penguatan kepada para guru di Surabaya agar lebih berintegritas.

"Untuk memastikan guru ini punya integritas tinggi mengayomi. Mulai Senin (31/1/2022) kita lakukan untuk semua guru. Ini juga dampak dari pembelajaran daring. Ketika PTM muridnya ya sama, datangnya telah, semangat berkurang. Guru juga sama semangatnya berkurang," pungkas Eri.

Video seorang siswa SMP di Surabaya dipukul guru viral di grup whatsapp. Video berdurasi 3 detik itu tampak guru memukul siswa yang tengah di depan kelas dan dilanjutkan membenturkan kepalanya ke papan tulis.

Video peristiwa pemukulan itu ternyata membuat orang tua murid tidak terima. Kini oknum guru tersebut telah dilaporkan ke polisi.



Simak Video "Pengemudi Pajero Harap Ahmad Sahroni Hapus Video Cekcoknya yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)