Round-Up

Pasrah Joddy Terima Dakwaan dan Tak Eksepsi di Sidang Perdana

Tim detikcom - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 10:35 WIB
sidang tubagus joddy
Joddy menjalani sidang perdananya secara daring (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy, menjalani sidang perdananya. Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Joddy dengan pasal berlapis, 4 pasal sekaligus.

Sidang perdana Joddy digelar secara daring mulai pukul 10.10 WIB, Kamis (27/1/2022). Joddy yang sekarang berkepala plontos itu mengikuti persidangan dari Lapas Kelas IIB Jombang. Ia didampingi penasihat hukumnya, Eko Wahyudi yang hadir di Pengadilan Negeri (PN) Jombang.

Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Bambang Setiawan, serta hakim anggota Joni Mauluddin Saputra dan Sudirman dari Rungan Kusuma Atmadja PN Jombang. Sedangkan JPU, Adi Presetyo membacakan dakwaan dari kantor Kejaksaan Negeri Jombang.

JPU mendakwa Joddy dengan pasal sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan nyawa atau barang yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, terluka, dan mengakibatkan kerusakan kendaraan.

Untuk dakwaan itu Joddy dijerat dengan pasal 311 ayat (5) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan pasal 311 ayat (3) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tidak hanya itu, JPU juga mendakwa Joddy dengan pasal kelalaian yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, terluka, dan mengakibatkan kerusakan kendaraan..

Untuk dakwaan ini Joddy dijerat dengan pasal pasal 310 ayat (4) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan pasal 310 ayat (3) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Setelah JPU membacakan dakwaan, sidang diambil alih Ketua Majelis Hakim Bambang Setiawan. Ia memberi kesempatan kepada Joddy untuk merespons dakwaan tersebut. Namun, sopir Vanessa Angel itu menyatakan menerima dakwaan jaksa.

"Tidak ada (keberatan) Yang Mulia," cetus Joddy.

Joddy menyampaikan jawaban yang sama saat ditanya penasihat hukumnya, Eko Wahyudi. Sopir mendiang Vanessa Angel itu memilih melanjutkan sidang tanpa mengajukan eksepsi.

"Terdakwa tidak mengajukan keberatan, maka pemeriksaan dilanjutkan acara pembuktian yaitu mendengarkan keterangan saksi saksi. Sidang berikutnya Kamis 3 Februari 2022 dengan agenda pembuktian jaksa menghadirkan saksi-saksi," kata Hakim Bambang sebelum menutup sidang.



Simak Video "Momen Sopir Vanessa Angel Jalani Sidang Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)