4 Pasal yang Jerat Tubagus Joddy Terdakwa Kasus Kecelakaan Vanessa Angel

Tim detikcom - detikJatim
Kamis, 27 Jan 2022 20:33 WIB
Jombang -

Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jombang mendakwa sopir mendiang Vanessa Angel, Tubagus Joddy (24) dengan pasal berlapis. Pemuda kelahiran 16 April 1997 itu didakwa dengan 4 pasal sekaligus.

Sidang perdana Joddy digelar secara daring mulai pukul 10.10 WIB. Sopir artis Vanessa Angel itu mengikuti persidangan dari Lapas Kelas IIB Jombang. Ia didampingi penasihat hukumnya, Eko Wahyudi yang hadir di Pengadilan Negeri (PN) Jombang.

Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Bambang Setiawan, serta hakim anggota Joni Mauluddin Saputra dan Sudirman dari Rungan Kusuma Atmadja PN Jombang. Sedangkan JPU, Adi Presetyo membacakan dakwaan dari kantor Kejaksaan Negeri Jombang.

Pada sidang perdana ini, JPU menyampaikan dua dakwaan terhadap Joddy. Dakwaan kesatu bagian pertama, sopir Vanessa Angel itu disebut sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan nyawa atau barang yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

Korban meninggal dunia adalah artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31). Sehingga Joddy didakwa dengan pasal 311 ayat (5) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sedangkan dakwaan kesatu bagian kedua, JPU menyebut Joddy sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan nyawa atau barang yang mengakibatkan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan. Korban luka ringan yaitu putra Vanessa, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 311 ayat (3) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," kata Adi saat membacakan dakwaan, Kamis (27/1/2022).

Tidak hanya itu, JPU juga mendakwa Joddy dengan pasal kelalaian. Dalam dakwaan kedua bagian pertama, JPU menyebut sopir Vanessa Angel itu mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

Korban meninggal dunia adalah artis Vanessa Angel dan Bibi. Sehingga Joddy didakwa dengan pasal 310 ayat (4) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sedangkan pada dakwaan kedua bagian kedua, JPU menyebut Joddy mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan. Korban luka ringan yaitu Gala Sky dan Siska Lorensa.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 310 ayat (3) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," terang jaksa Adi.

Setelah JPU membacakan dakwaan, sidang diambil alih Ketua Majelis Hakim Bambang Setiawan. Ia memberi kesempatan kepada Joddy untuk merespons dakwaan tersebut. Namun, sopir Vanessa Angel itu menyatakan menerima dakwaan jaksa.

"Tidak ada (keberatan) Yang Mulia," cetus Joddy.

Joddy menyampaikan jawaban yang sama saat ditanya penasihat hukumnya, Eko Wahyudi. Sopir mendiang Vanessa Angel itu memilih melanjutkan sidang tanpa mengajukan eksepsi.

"Terdakwa tidak mengajukan keberatan, maka pemeriksaan dilanjutkan acara pembuktian yaitu mendengarkan keterangan saksi saksi. Sidang berikutnya Kamis 3 Februari 2022 dengan agenda pembuktian jaksa menghadirkan saksi-saksi," kata Hakim Bambang sebelum menutup sidang.

Pengacara Joddy, Eko menjelaskan, pihaknya akan segera bertemu langsung dengan terdakwa. Salah satunya untuk membahas pembelaan atau pledoi.

"Kami tidak ada eksepsi, langsung pemeriksaan saksi dan bukti. Akan kami perkuat dalam pledoinya. Akan kami agenda pertemuan secepatnya, besok atau lusa terkait bagaimana peristiwa tersebut dan apa benar sesuai BAP," tandasnya.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport Dakar nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka di mata kiri dan lecet di dahi kanan. Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Sedangkan Siska menderita luka pada tangan, serta dua jari dan dua giginya patah.

Penyidik Satlantas Polres Jombang menetapkan Tubagus Joddy sebagai tersangka pada 10 November 2021. Ia dinilai lalai sehingga menyebabkan kecelakaan yang menewaskan Vanessa dan Bibi. Joddy dijerat dengan pasal 310 ayat (4) dan atau pasal 311 ayat (5) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Keesokan harinya, Kamis (11/11), Joddy ditahan di Rutan Polres Jombang. Penyidik melakukan tahap 2 atau menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jombang pada Senin (10/1). Karena berkas penyidikan perkara kecelakaan maut itu dinyatakan lengkap (P21).

(sun/iwd)