Ini Data 'Black Box' Mobil Vanessa Angel Saat Kecelakaan di Tol Jombang

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Kamis, 27 Jan 2022 18:07 WIB
sidang tubagus joddy
Tubagus Joddy mengikuti sidang perdananya (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Sidang perdana kasus kecelakaan Vanessa Angel di Pengadilan Negeri (PN) Jombang juga mengungkap isi 'black box' mobil. Berdasarkan data tersebut, Tubagus Joddy (24) memacu mobil dengan kecepatan 121-135 Km/Jam saat menabrak pembatas Tol Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Informasi tersebut terungkap saat Jaksa Penuntut Umun (JPU), Adi Presetyo membacakan dakwaan di sidang perdana pagi tadi. Sidang yang berlangsung pukul 10.10-10.33 WIB itu dipimpin Ketua Majelis Hakim Bambang Setiawan, serta hakim anggota Joni Mauluddin Saputra dan Sudirman.

Dalam dakwaannya, JPU Adi menyebut, Joddy menyadari perbuatannya mengemudikan mobil mendiang Vanessa Angel dengan cara yang membahayakan nyawa orang lain. Yaitu memacu mobil Pajero Sport Dakar nopol B 1264 BJU itu melebihi batas kecepatan maksimal di jalan tol 80 Km/Jam.

Selain itu, sopir Vanessa Angel itu sempat bermain handphone di KM 555 Tol Jakarta-Surabaya. "Saat kecelakaan, terdakwa tidak mengerem dan tidak ada bekas rem di lokasi," kata Adi saat membacakan dakwaannya, Kamis (27/1/2022).

Pada kesempatan ini, Adi juga membacakan hasil pemeriksaan fisik maupun data SRS Airbag ECU mobil mendiang Vanessa Angel dari PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia. 'Kotak hitam' mobil Pajero Sport Dakar warna putih itu mencatat, terjadi dua kali tumbukan dalam waktu sangat berdekatan saat kecelakaan terjadi di KM 672.300 Astra Tol Jomo pada Kamis 4 November 2021.

"Driver (Joddy) menginjak pedal gas secara normal dan stabil pada range 30 persen dan naik menjadi 50 persen saat terjadi kecelakaan," terangnya.

Adi menjelaskan, putaran mesin mobil mendiang Vanessa Angel pada 5 detik sebelum tumbukan dalam kondisi stabil dalam range sekitar 2.100 sampai 2.227 rpm. "Kecepatan kendaraan stabil dalam range 121 sampai 135 Km/Jam pada 5 detik sebelum tumbukan kesatu dan kedua, driver tidak menginjak pedal rem pada 5 detik sebelum tumbukan," ungkapnya.

Dalam sidang perdana pagi tadi, JPU mendakwa Joddy dengan pasal berlapis. Dakwaan pertama, sopir Vanessa Angel itu dijerat dengan pasal 311 ayat (5) dan pasal 311 ayat (3) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sedangkan dalam dakwaan kedua, Joddy dijerat dengan pasal 310 ayat (4) dan pasal 310 ayat (3) UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ia menerima dakwaan tersebut dan memilih tidak mengajukan eksepsi.

Artis Vanesza Adzania alias Vanessa Angel (27) dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi (31) tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+300A Astra Tol Jomo pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport Dakar nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi menabrak barier di sisi kiri jalan.

Mobil sport warna putih itu dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Vanesa dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bersama putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat.

Gala selamat dengan luka lecet di dahi kanan, robek kelopak mata kiri, memar kelopak mata kiri dan memar di tungkai bawah kiri. Siska luka pada dahi kiri, lecet di dagu, gigi depan bagian bawah tanggal 1, nyeri perut seluruh bagian, nyeri punggung bawah, nyeri punggung tangan kanan, cedera otak, serta muntah darah karena trauma perut. Sedangkan Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul.

Penyidik Satlantas Polres Jombang menetapkan Joddy sebagai tersangka pada 10 November 2021. Keesokan harinya, Kamis (11/11), Joddy ditahan di Rutan Polres Jombang. Penyidik melakukan tahap 2 atau menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jombang pada Senin (10/1). Karena berkas penyidikan perkara kecelakaan maut itu dinyatakan lengkap (P21).



Simak Video "Ayah Vanessa Angel Sudah Maafkan Tubagus Joddy "
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)