Hadfana Penendang Sesajen di Semeru Segera Jalani Rekonstruksi

Hilda Meilisa - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 15:52 WIB
Setelah menjalani pemeriksaan di Polda Jatim, Hadfana Firdaus dibawa ke Polres Lumajang. Ia merupakan pria yang menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru.
Hadfana saat tiba di Polres Lumajang (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Pria yang menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Hadfana Firdaus telah dibawa ke Polres Lumajang. Polisi menyebut Hadfana dibawa ke Lumajang untuk menjalani rekonstruksi.

Hadfana tiba di Mapolres Lumajang pada Kamis (20/1) pukul 21.30 WIB dan terlihat memakai baju tahanan. Dalam kasus ini, polisi telah memeriksa 12 saksi. Yang terdiri dari 4 saksi ahli dan 8 warga.

"Dari awal kasus ini Polres Lumajang yang menangani bukan Polda Jatim. Namun, kami minta bantuan polda untuk membantu mencari," kata Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno saat dikonfirmasi detikJatim, Jumat (21/1/2022).

Eka menyebut olah TKP telah dilakukan. Sementara saat disinggung kapan akan digelar proses rekonstruksi ini, Eka mengatakan akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Rekonstruksi nanti dikabari secepatnya," tambahnya.

Tak hanya itu, pihak kepolisian berjanji akan mempercepat proses hukum tersangka. Bahkan, Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) telah dikirimkan ke kantor Kejaksaan Negeri Lumajang.

"Tersangka HF sudah kami bawa ke tahanan Mako Polres Lumajang dari Polda Jatim. Maksud dan tujuannya untuk memudahkan kita melaksanakan penyidikan ke tingkat kejaksaan," ujar Eka Yekti.

Sebelumnya,kasus ini bermula dari video viral berdurasi 30 detik yang menyebar di media sosial dan aplikasi perpesanan. Video memperlihatkan seorang pria mengenakan tutup kepala dan rompi berdiri lalu mendekat ke sebuah sesajen yang diletakkan di atas tanah. Ada dua sesajen yang terlihat yakni buah dan jagung.

Sambil menunjuk ke sesajen pria itu berkata: "Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar," ucap pria tersebut.

Sedetik kemudian, tangan pria itu bergerak membuang sesajen buah dan menendang sesajen nasi. Kebetulan letak sesajen itu berada di atas permukaan tanah yang lebih tinggi sehingga kedua sesajen itu langsung jatuh.



Simak Video "Respons Warga soal Pria Buang Sesajen di Lokasi Erupsi Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)