10 Film Indonesia Bertema Kemerdekaan yang Bisa Bangkitkan Jiwa Nasionalisme

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 13 Agu 2022 12:48 WIB
Poster Film Bumi Manusia.
Poster film Bumi Manusia/Foto: Dok. Falcon Pictures
Surabaya -

Peringatan HUT ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 selalu berlangsung semarak. Berbagai kegiatan seru digelar dalam memeriahkan momentum ini. Sejumlah lomba hingga perayaan, ramai digelar di kampung hingga sejumlah instansi. Tak ketinggalan, perayaan ini ditutup dengan upacara bendera.

Untuk memompa rasa cinta pada tanah air, ternyata bisa dilakukan dengan sejumlah hal. Tak melulu dengan mengikuti perlombaan hingga pawai, namun masyarakat bisa menambah pengetahuan soal kemerdekaan melalui film.

Di Indonesia, ada sejumlah film yang bisa memompa jiwa patriotisme. Menonton film bertema kemerdekaan ini bisa mengenang jasa para pahlawan. Film bertema kemerdekaan bisa diakses melalui berbagai layanan streaming online seperti Netflix, Vidio, dan Disney+ Hotstar.

Selain menambah wawasan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, menonton film karya sutradara tanah air juga turut membantu industri kreatif Indonesia semakin berkembang.

detikJatim menghimpun 10 film Indonesia yang bertema kemerdekaan, simak yuk:

Bumi Manusia (2019)

Film garapan Hanung Bramantyo ini diadaptasi dari buku Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Film ini mengisahkan Minke dan Annelies. Pria ningrat Jawa dan wanita blasteran Belanda yang saling jatuh cinta.

Cinta mereka tumbuh di antara banyaknya permasalahan sosial dan ketidakadilan di masa penjajahan Belanda. Pada 2020, Bumi Manusia berhasil menyabet sejumlah penghargaan Film Terpuji, Sutradara Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji, dan Penulis Skenario Terpuji di Festival Film Bandung.

Film ini juga menyeret perhatian masyarakat dengan pemain Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti

Kartini (2017)

Film Kartini juga digarap sutradara kondang Hanung Bramantyo. Film yang dirilis pada 2017. Sosok Kartini diperankan dengan baik dan anggun oleh artis kenamaan Indonesia, Dian Sastrowardoyo.

Sosok pejuang emansipasi wanita benar-benar digambarkan dalam film ini. Sebagaimana sosok kartini yang digambarkan sebagai sosok yang berani, kuat, dan cerdas sebagai perempuan.

Film Kartini juga menyabet penghargaan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dari Festival Film Indonesia 2017 yang diraih oleh Christine Hakim.

Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya adalah Film animasi 2D arahan sutradara Aryanto Yuniawan. Film ini rilis pada 2015 lalu. Film ini mengadaptasi kisah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Battle of Surabaya fokus pada petualangan Musa yang bekerja sebagai tukang semir sepatu. Saat itu, Musa dipercaya untuk menjadi kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan yang didirikan Bung Tomo.

Sebagai kurir, Musa melalui berbagai peristiwa. Mulai dari kehilangan harta hingga ditinggal oleh orang-orang yang dikasihi. Selain menghadirkan tokoh-tokoh nyata, ada beberapa tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Yakni pesan tentang semangat, cinta tanah air, dan perdamaian.

Battle of Surabaya telah meraih sejumlah penghargaan internasional. Beberapa di antaranya adalah Winner Gold Remi Award 49th WorldFest-Houston 2016 di Texas, Best Feature Animation Movie dalam International Film Festival 2016 di India, dan Grandprize for Feature Film in The 20th Seoul International Cartoon and Animation Festival 2016 di Korea Selatan.

Ada film Tjokoraminoto Soekarno, di halaman selanjutnya!