Trenggalek Kembali Gelar Festival Jaranan, Disambut Ribuan Penonton

Adhar Muttaqin - detikJatim
Kamis, 11 Agu 2022 09:44 WIB
Festival Jaranan Trenggalek
Foto: dok. Adhar Muttaqin/detikJatim
Trenggalek -

Festival Jaranan Trenggalek ke-26 menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Ribuan warga antusias menyaksikan lamgsung kompetisi antar seniman di alun-alun kota.

Antusiasme masyarakat tampak terlihat pada hari pertama pelaksanaan festival jaranan. Sejak pukul 19.00 WIB, masyarakat telah memadati alun-alun sisi utara guna menyaksikan pementasan sejumlah peserta. Bahkan cuaca yang sempat turun hujan tidak menyurutkan semangat pencinta kesenian jaranan.

Wakil Bupati Trenggalek Syah Mohammad Natanegara, bersyukur festival jaranan bisa kembali digelar secara offline dan bisa disaksikan langsung oleh masyarakat.

"Tentunya kita bahagia sekali, setelah dua tahun digelar daring, tahun ini bisa kembali digelar offline. Bisa kita lihat antusiasme masyarakat luar biasa," ujarnya, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya festival jaranan yang mempertandingkan tarian Turangga Yaksa dan non Turangga Yaksa tersebut menjadi ajang kompetisi dan kreativitas dari para seniman jaranan di Trenggalek.

Selain itu juga sekaligus menjadi salah satu daya tarik wisata dan pengungkit ekonomi masyarakat di sekitarnya.

"Seniman senang masyarakat juga senang. Bisa kita lihat ekonomi para pedagang di sekitar ikut ramai dengan adanya festival jaranan ini," jelasnya.

Pihkanya berharap acara tahunan tersebut semakin besar gaungnya dan bisa menjadi agenda berkala secara nasional.

"Tahun ini khusus seniman Trenggalek, namun ke depan kami harap bisa dibuka kembali untuk peserta dari luar daerah seperti sebelum pandemi COVID-19. Menjadi even nasional," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek, Sunyoto, menjelaskan Festival Jaranan Trenggalek 2022 digelar selama tiga hari berturut-turut pada 10-12 Agustus.

"Acara akan dimulai pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai," kata Sunyoto.

Dijelaskan, festival ini diikuti oleh sembilan grup jaranan Turangga Yaksa dan sepuluh grup non Turangga Yaksa.

"Totalnya ada 19 peserta yang ikut berkompetisi. Untuk masyarakat yang mau nonton langsung kami persilakan," imbuhnya.

Sementara itu salah seorang penonton, Mohamad Latif, mengaku senang bisa menyaksikan kembali acara ini. Menurutnya acara tahunan tersebut selalu ramai dihadiri masyarakat dari berbagai kecamatan. Terlebih jika grup kesayangannya tampil.

"Hari ini penampilannya keren-keren, besok nonton lagi," ujarnya.



Simak Video "Pelestarian Kesenian Jaranan di Bali Digelar Kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)