Dinas Pariwisata Trenggalek Gelar Festival Jaranan, Ini Jadwalnya

Adhar Muttaqin - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 17:36 WIB
Festival Jaranan Trenggalek
Foto: Istimewa
Trenggalek -

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek kembali menggelar Festival Jaranan selama tiga hari berturut-turut. Even ke-26 ini diikuti oleh belasan peserta.

Kepala Disparbud Trenggalek, Sunyoto, mengatakan Festival Jaranan digelar tanggal 10-12 Agustus 2022 di Alun-alun Trenggalek. Tahun ini lomba kembali digelar secara terbuka, sehingga masyarakat bisa menyaksikan secara langsung.

"Kalau tahun lalu kami gelar secara daring, akibat pandemi COVID-19. Tahun ini Alhamdulillah sudah digelar terbuka. Masyarakat yang mau nonton kami persilakan," kata Sunyoto, Rabu (10/8/2022).

Festival jaranan tersebut menjadi ajang kompetisi tahunan bagi seniman jaranan Turonggo Yakso maupun jaranan Senterewe. Masing-masing kelompok akan bertanding untuk menampilkan kreasi dan kepiawaian dalam menari jaranan.

"Ini merupakan upaya pelestarian kesenian jaranan, khususnya Turonggo Yakso. Kami bersyukur antusiasme dari para seniman maupun masyarakat cukup tinggi. Sehingga selalu ramai," jelasnya.

Sunyoto mengakui pada even ke-26 ini sedikit berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan sebelum pandemi COVID-19. Jika biasanya diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, tahun ini panitia melakukan pembatasan, peserta hanya dari Kabupaten Trenggalek.

"Untuk sementara kami fokus menggali talenta seniman Trenggalek dulu, dengan kategori umum. Untuk yang kami lombakan jaranan Turonggo Yakso dan Non Turonggo Yakso," ujarnya.

Menurutnya even digelar tanggal 10-12 Agustus mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan 22.30 WIB.

Berikut jadwal Festival Jaranan Trenggalek 2022:

10 Agustus
- Sanggar Tari Sekar Mayang
- Aswangga Budoyo
- Kridha Manega
- Kencana Sekar Ayu
- Sanggar Ngesti Laras Budoyo
- Krido Budoyo

11 Agustus
- Kawulo Satrio Pandowo
- Sanggar Ananda
- Manggolo Putri
- Purbo Waseso Putro
- Wahyu Anom Budoyo
- Mekar Budoyo

12 Agustus
- Sekar Mayang Budoyo
- Purwo Budoyo
- Manunggal Rekso Budoyo
- Putro Taruno Sakti
- Manggala Yudha
- Lestari Widodo Wiryotama



Simak Video "Longsor Lima Titik Tutup Jalan Utama Trenggalek-Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)