Tuntutan Seniman Lamongan terkait Lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet'

Eko Sudjarwo - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 21:27 WIB
Seniman Lamongan Narto Widodo
Seniman Lamongan Narto Widodo (Istimewa)
Lamongan -

Seniman Lamongan, Narto Widodo mempersoalkan lagu 'Joko Tingkir Ngombe Dawet'. Pria yang akrab disapa Cak Narto juga mengimbau agar masyarakat tak menyanyikannya. Sebab lagu tersebut telah menggunakan sosok ulama yang dihormati di dalam liriknya.

"Memperhatikan saran dan masukan dari banyak kiai yang keberatan nama Joko Tingkir diparodikan, maka saya mengimbau pada seluruh artis dan seniman Lamongan untuk tidak menyanyikan lirik lagu tersebut sebagai bentuk takzim dan penghormatan kita kepada kiai dan juga sosok Joko Tingkir," kata Cak Narto saat dihubungi detikJatim, Rabu (10/8/2022).

Cak Narto mengatakan jika memang masih ingin menyanyikan lagu tersebut, ia meminta agar lirik lagu tersebut diubah dengan menghilangkan nama 'Joko Tingkir'.

"Untuk aransemennya ini yang tetap kita pakai, tapi kata Joko Tingkir inilah yang kita ubah liriknya, karena yang membuat tersinggung para kiai ya karena liriknya ini," terang Cak Narto.

Cak Narto berpendapat dengan mengubah lirik lagu tersebut atau tidak menyanyikan lagu itu pun para seniman juga tidak akan kehilangan rezeki. Cak Narto juga meminta maaf apabila karena ketidaktahuannya terkait sejarah Joko Tingkir sehingga membuat gusar para kiai.

"Saya atas nama Seniman Lamongan memohon maaf bila sudah terlanjur menyanyikan lagu Joko Tingkir dan membuat para kiai gusar karena ketidaktahuan kami atau kebodohan kami tentang sosok Joko Tingkir," tandas Cak Narto.

Sebelumnya, lagu berjudul 'Joko Tingkir Ngombe Dawet' yang sedang ngetren dipersoalkan warga Lamongan. Mereka keberatan sosok Joko Tingkir diparodikan.

Salah satu yang menolak lagu adalah Narto Widodo. Seniman Lamongan merasa keberatan penggunaan nama Joko Tingkir dalam lagu tersebut karena membuat gusar para kiai. Sebab, Joko Tingkir merupakan guru para ulama di Nusantara.



Simak Video "Ini Emak-emak di Lamongan yang Tutupi Nopol Pake Celana Dalam "
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)