Mbah Supani Penari Seblang Bakungan Banyuwangi Meninggal Dunia

Ardian Fanani - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 20:58 WIB
Mbah Supani saat menari Seblang Bakungan
Mbah Supani saat melalui ritual penari Seblang Bakungan. (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Penari Seblang Bakungan, Mbah Supani (72) meninggal dunia. Supani meninggal dunia setelah sebulan dirinya menarikan Seblang Bakungan. Tidak diketahui pasti penyebab kematian penari sepuh itu, namun warga mengira Supani meninggal dunia karena komplikasi.

Meninggalnya Mbah Supani cukup membuat kaget dan keprihatinan warga sekitar. Sebab, beberapa hari usai menarikan tarian Seblang, Supani dalam kondisi drop. Supani mengembuskan napas terakhir sekira pukul 16.00 WIB, Senin (8/8/2022).

"Iya, saya dengar beliau sudah meninggal dunia. Sore ini saya dengar kabar," ujar Lukman Hakim, salah satu warga Kelurahan Bakungan kepada .

Lukman mengaku mengetahui mbah Supani drop beberapa hari ini. Dugaan sementara, Supani mengalami sakit lambung akut.

Penari Seblang Bakungan Kerasukan, Ritual Adat Kembali DigelarPenari Seblang Bakungan Kerasukan, Ritual Adat Kembali Digelar Foto: Ardian Fanani/detikJatim

"Diduga karena sakit lambung akut. Memang saat menari kemarin denyut nadi agak lemah. Sempat merasakan hipertensi dan keluhan sakit lambung, yang bersangkutan memang sering telat makan karena memang tidak doyan makan," tukasnya.

Mbah Supani adalah penari Seblang sejak tahun 2014 hingga 2022. Mbah Supani merupakan keturunan Seblang, sehingga ditunjuk sebagai penari dalam ritual adat yang digelar setiap Zulhijah.

Hal senada diungkapkan oleh Akbar Wiyana, warga setempat. Akbar mengaku, Mbah Supani sempat akan dibawa ke rumah sakit pada Minggu (7/8). Namun, Supani menolak ajakan ke rumah sakit.

"Sempat kami sambang yang bersangkutan. Namun, tidak mau diajak berobat," tambahnya.

Siapa penerus Seblang Bakungan berikutnya? Baca di halaman selanjutnya.



Simak Video "Seblang Bakungan, Ritual Upacara Masyarakat Osing Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]