Kisah Pemuda Lamongan, Dulu Tukang Ojek Kini Sukses Jadi YouTuber

Kisah Pemuda Lamongan, Dulu Tukang Ojek Kini Sukses Jadi YouTuber

Eko Sudjarwo - detikJatim
Minggu, 06 Nov 2022 17:28 WIB
Arifulloh Rafsanjani
Arifulloh Rafsanjani (Foto: Istimewa)
Lamongan -

Nasib orang siapa yang tahu. Dahulu Arifulloh Rafsanjani (25) adalah tukang ojek. Kini, pria yang akrab disapa Zan berubah menjadi seorang konten kreator sukses dengan cuan berlimpah.

Zan merupakan anak petani Desa Gempol Pading, Kecamatan Pucuk, Lamongan. Ia mengakui sebelum menjadi konten kreator, hidupnya serba pas-pasan.

"Saya hanya seorang anak petani yang hidupnya pas-pasan. Sebelum seperti ini, saya pernah jadi tukang ojek yang bahkan pernah kehabisan bensin pas sedang narik," kata Zan, Minggu (6/11/2022).

Namun, ia tak patah arang. Ia kemudian mencoba merantau untuk menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Meski mampu kuliah, Zan hidup dengan segala keterbatasan ekonomi.

Kondisi itu membuat Zan akhirnya harus nyambi dengan mencari uang dengan menjadi tukang ojek. Tak hanya itu, ia juga pernah berjualan secara online di market place.

"Pernah menjadi driver ojek online dengan beragam keluhannya. Pernah juga bisnis jual beli baju di salah satu platfrom jual beli online tapi gagal dan merugi hingga puluhan juta," tutur Zan.

Kegagalan ternyata tak membuatnya dirinya putus asa. Ia kembali mencari peluang. Kali ini ia mencoba menjadi seorang YouTuber yang mulai ditekuni sejak tahun 2015.

Beragam konten di telurkan, mulai dari konten musik bergenre akustik, vlogger hingga drama komedi. Namun usahanya itu belum membuahkan hasil. Karena pengikutnya masih terbilang sedikit.

Meski demikian, Zan tak putus asa. Ia juga terus belajar dan terus menggali kreatifitasnya secara konsisten hingga 2018.

"Mulai 2015 hingga 2018 saya terus belajar untuk membuat konten, belajar secara kontinyu dan konsisten dengan mengikuti sejumlah seminar," terangnya.