Di Tangan Pemuda Lamongan Ini, AC Rusak Bisa Jadi Cuan

Di Tangan Pemuda Lamongan Ini, AC Rusak Bisa Jadi Cuan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Kamis, 24 Feb 2022 07:35 WIB
kipas angin ac
Rifai saat membuat kipas angin AC (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Ternyata AC rusak masih bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna. Seorang warga Lamongan bisa meraup cuan berkat ide kreatifnya. Ya, ia memodifikasi AC rusak menjadi kipas angin yang punya nilai jual lebih.

Adalah Rifai, salah satu pemuda yang tinggal di Perumahan Tambora, Desa Tambakboyo, Kecamatan Tikung yang punya ide kreatif memodifikasi AC rusak atau bekas yang tak terpakai untuk dijadikan kipas angin.

"Keahlian untuk memodifikasi AC menjadi kipas angin ini saya dapatkan ketika saya tinggal bersama kakak saya di Surabaya," kata Rifai saat berbincang dengan wartawan, Kamis (24/2/2022).

Sewaktu di Surabaya, aku Rifai, ia mendapatkan ilmu yang kemudian ia pakai ketika kembali ke Lamongan. Rifai mengaku, ia memulai usahanya memodifikasi AC rusak menjadi kipas angin ini sejak 2008 lalu. Hanya saja, Rifai baru 3 tahun ini menjalankan usahanya untuk menjual kipas 'AC'.

kipas angin acFoto: Eko Sudjarwo

"Sudah lama kalau hanya menerima modifikasi ini, tapi kalau untuk menjalankan usaha baru 3 tahunan ini," akunya.

Berbekal peralatan seperti obeng, alat cat dan keahlian, Rifai membongkar dan memasang AC-AC bekas yang datang atau ia dapatkan. Meski masih suasana pandemi, Rifai menyebut, permintaan jasa modifikasi kipas AC dari konsumennya selalu ramai.

Selain memodifikasi AC yang sudah rusak, Rifai juga menjual kembali kipas 'AC' kreasinya. Beberapa daerah di Jatim sudah merasakan embusan angin dari kipas 'AC' Rifai yang ia jual secara offline dan online melalui media sosial itu.

"Alhamdulillah ramai, banyak yang datang untuk memodifikasi AC," imbuhnya.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kipas 'AC', Rifai mengaku harus pergi ke Surabaya untuk mencari AC rusak. Pasalnya, di Lamongan sendiri sangat minim bahan dasar membuat kipas 'AC' ini. Rifai juga tidak mematok harga tinggi untuk kipas modifikasinya.

"Untuk jasa modifikasi hanya Rp 50 ribu saja, sedangkan untuk harga kipas AC tergantung ukurannya karena ada kecil, sedang dan besar dengan harga mulai Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu," ungkapnya.

Nah, bagi Anda yang punya AC rusak dan teronggok di gudang, ada baiknya untuk memodifikasi AC rusak tersebut karena masih bisa dimanfaatkan. Bagi anda yang tengah kegerahan dan sedang mencari kipas angin, kipas AC kreasi Rifai ini juga bisa menjadi pilihan untuk anda.



Simak Video "Singkirkan Tottenham, AC Milan Lolos ke Perempatfinal Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT