Pelukis Mojokerto 'Sulap' Bambu Jadi Perabotan Artistik

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 01:01 WIB
Pelukis Mojokerto sulap olahan bambu
Pelukis Mojokerto bikin perabotan artistik dari bambu. (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Mojokerto -

Di tangan kreatif Masrukhan (52), berbagai jenis bambu diolah menjadi produk kerajinan yang artistik dan bernilai ekonomi tinggi. Tak ayal beragam perbotan yang dihasilkan seniman lukis ini banyak dipesan perusahaan dan instansi pemerintah untuk cendera mata.

Seperti biasa, pagi itu Masrukhan sibuk memberi arahan kepada 5 karyawannya. Pemilik R Khan Art Studio di Dusun Ngares Wetan, Desa Ngares Kidul, Gedeg, Kabupaten Mojokerto ini memberdayakan tetangganya untuk menekuni bisnis kerajinan bambu. Dari melukis, bapak anak satu ini merambah ke kerajinan bambu sejak 3 tahun lalu.

"Selama ini bambu yang melimpah belum dimanfaatkan dengan baik. Saya berfikir ini sayang kalau tidak dimanfaatkan. Basic saya pelukis, saya berupaya supaya bisa memanfaatkan bambu ini sehingga saya bereksperimen sendirian," kata Masrukhan kepada detikJatim, Sabtu (13/8/2022).

Ketika memulai bisnis ini, Masrukhan membuat tumbler custom berbahan stainless dengan cover bambu yang dia sebarkan melalui medsos. Produk pertamanya itu langsung laku. Kala itu, ia menerima pesanan 175 tumbler sekaligus dari sebuah perusahaan telekomunikasi.

Di tangan Masrukhan, semua jenis bambu bisa diolah menjadi perabotan yang artistik. Mulai dari bambu apus, bambu ori, sampai bambu Jawa. Kali ini, ia fokus mengerjakan pesanan botol minuman jenis tumbler berbahan bambu.

Awalnya, potongan bambu dilubangi bagian tengahnya sesuai ukuran tabung stainless tumbler. Sebelum disatukan dengan tabung stainless, lapisan dalam tabung bambu lebih dulu di-coating dengan resin. Selanjutnya, permukaan luar tabung bambu dibentuk dan dihaluskan menggunakan mesin sender.

Masrukhan menggunakan teknik grafir untuk membuat logo atau tulisan di permukaan tumbler sesuai keinginan pemesan. Begitu juga untuk membubuhkan merek R Khan miliknya. Pada tahap akhir, permukaan tabung bambu yang menjadi cover tabung stainless juga di-coating agar mengkilap, menampakkan serat-serat bambu yang artistik dan antiair.

"Pembuatan tumbler di kami cukup rumit karena permukaannya banyak lekukan. Tumbler di-custom mulai tutup menyesuaikan lekuk tutup, diameter bawah, tengah dan atas tabung lain. Sehingga berbeda dengan tumbler yang banyak dijual di marketplace," terangnya.

Sebagai salah satu produk paling laris, tumbler custom stainless dan bambu buatan R Khan Art Studio dibanderol Rp 160-200 ribu. Masrukhan juga memproduksi berbagai perabotan berbahan bambu yang tak kalah artistik. Baik yang menggunakan bambu murni maupun custom.

Segini harga yang dipatok Masrukhan. Baca di halaman selanjutnya.



Simak Video "Menyusuri Gua Buatan Sepanjang 60 Meter di Kebun Warga Mojokerto"
[Gambas:Video 20detik]