KSAD Dudung Apresiasi Babinsa dan Persit yang Gerakkan UMKM di Malang

KSAD Dudung Apresiasi Babinsa dan Persit yang Gerakkan UMKM di Malang

Muhammad Aminudin - detikJatim
Rabu, 02 Feb 2022 19:55 WIB
KSAD Dudung Abdulrachman mengapresiasi langkah Babinsa dan Persit Kartika Chandra Kirana dalam menggerakkan UMKM. Prajurit dinilai benar-benar hadir di tengah masyarakat.
KSAD Dudung Abdulrachman (kanan)/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang -

KSAD Dudung Abdurachman mengapresiasi langkah Babinsa dan Persit Kartika Chandra Kirana dalam menggerakkan UMKM. Prajurit dinilai benar-benar hadir di tengah masyarakat.

Soal itu disampaikan Dudung saat berkunjung ke Makorem 083/Baladhika Jaya Kodam V Brawijaya di Jalan Bromo, Kota Malang, Rabu (2/2/2022).

Dalam kunjungan ini, KSAD melihat langsung produk unggulan dari UMKM yang dirintis oleh prajurit dan Persit Kartika Chandra Kirana, di lingkungan Korem 083/Baladhika Jaya.

Beragam inovasi prajurit yang dipamerkan meliputi pembuatan pupuk organik, kopi Babinsa, olahan bawang merah yang bekerja sama dengan kelompok tani, dan pengembangan pertanian organik. Hingga kiprah Babinsa sebagai motivator dengan membentuk dan membina penyandang disabilitas, sehingga memiliki kesetaraan dengan anak-anak lain.

Selain itu, beragam kegiatan ekonomi kreatif dilakukan oleh ibu-ibu Persit di jajaran Korem 083/Baladhika Jaya dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. Yakni dengan membuat produk olahan makanan ringan khas daerah, kerajinan tas dari plastik bekas dan pernak-pernik perlengkapan rumah tangga.

Dudung berharap, kegiatan UMKM dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga prajurit. "Lebih dari itu, harus dapat juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian akan terasa kehadiran prajurit di tengah-tengah masyarakat," kata Dudung.

Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel (Infanteri) Yudhi Prasetiyo menambahkan, kreativitas anggota Persit Korem 083/Baladhika Jaya dalam menggerakkan sektor ekonomi diharapkan dapat menjadi contoh oleh keluarga prajurit lainnya.

"Tadi Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Nyonya Rahma Dudung Abdurachman juga menyampaikan apresiasi atas kreativitas ibu-ibu Persit Korem 083/BDJ. Kreativitas dari anggota Persit ini dapat dijadikan contoh oleh keluarga prajurit lainnya dalam meningkatkan perekonomian keluarga prajurit," imbuh Yudi.



Simak Video " Momen KSAD Dudung Jenguk-Cium Kening Hendropriyono di RSPAD"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)