Pria Asal Brebes Coba Bunuh Diri Lompat ke Selat Bali

Pria Asal Brebes Coba Bunuh Diri Lompat ke Selat Bali

Ardian Fanani - detikJatim
Minggu, 04 Des 2022 22:07 WIB
bundir selat bali
Pria asal Brebes coba bunuh diri lompat ke Selat Bali. (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu, seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

Seorang pemuda meloncat dari Kapal Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Beruntung, percobaan bunuh diri itu gagal setelah korban ditolong kru kapal penyeberangan yang ditumpanginya.

Pemuda tersebut berinisial IIM (25), warga Kecamatan Tonjong, Breber, Jawa Tengah.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi AKP Ali Masduki mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, Minggu (4/12/2022). Korban diketahui menumpang kapal penyeberangan KMP Munic V dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

"Pada saat kapal Munic V akan sandar di Dermaga MB2, korban menerima telepon lalu korban loncat dari railing sebelah kiri kapal," jelasnya kepada wartawan.

Saat korban akan meloncat dari kapal, sejumlah anak buah kapal (ABK) KMP Munic V sempat berupaya untuk mencegah korban. Namun, korban yang sudah berdiri di atas railing kapal justru nekat menjatuhkan diri ke laut dari atas kapal. Lokasi kejadian ini hanya beberapa meter dari dermaga MB 2 Pelabuhan Ketapang.

Melihat kejadian itu, sejumlah kru KMP Munic segera memberikan pertolongan. Dengan membawa peralatan keamanan, kru kapal berenang menyelamatkan korban.

"Pada saat korban sudah terjatuh ke laut, ABK kapal berusaha menolong, namun korban tetap tidak mau," tegas Ali.

Tidak hanya itu, korban sempat melempari ABK yang berusaha menolongnya dengan pakaian. Korban sempat terbawa arus ke sekitar dermaga MB 1. Di tempat ini, ABK KMP Jalur Nusa melemparkan pelampung pada korban.

Lagi-lagi korban menolak untuk diselamatkan. Namun, upaya pertolongan pada korban tetap dilakukan. Sampai akhirnya korban berhasil diselamatkan empat anak logam (anak-anak yang mencari uang dari uang logam yang diberi penumpang).

"Selanjutnya korban dievakuasi di dermaga MB 3," tegasnya.

Korban segera mendapatkan pertolongan dari tim medis untuk memastikan kondisi kesehatan. Korban kemudian dilarikan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan. Beberapa petugas TNI AL, polisi hingga satuan pengamanan Pelabuhan juga berusaha menenangkan pemuda yang diduga depresi itu.

"Korban diduga mengalami depresi," ujarnya.



Simak Video "Dramatis! Evakuasi ABG Panjat Tiang Sutet Diduga Hendak Bunuh Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)