Mobil Terbakar di Tol Jombang, Diduga Karena Korsleting Listrik

Mobil Terbakar di Tol Jombang, Diduga Karena Korsleting Listrik

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Sabtu, 29 Okt 2022 17:41 WIB
Mobil Daihatsu Xenia nopol AG 1567 EG terbakar saat melaju di ruas Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Beruntung, pengemudi dan penumpang bisa menyelamatkan diri dari kobaran api.
Mobil terbakar di Tol Jombang/Foto: Istimewa (dok. Pengelola Tol Jomo)
Jombang -

Mobil Daihatsu Xenia nopol AG 1567 EG terbakar saat melaju di ruas Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Beruntung, pengemudi dan penumpang bisa menyelamatkan diri dari kobaran api.

Kepala Departemen Layanan Lalu Lintas Astra Tol Jomo Zanuar Firmanto mengatakan, mobil itu masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bandar. Mobil yang dikemudikan Afid (26), warga Pongkoran, Bangkalan itu melaju dari barat ke timur atau dari arah Jombang ke Mojokerto.

Tak sendirian, saat itu Afid bersama Urmila Seba (22), warga Ngadiluwih, Kediri di kursi penumpang. Mereka dalam perjalanan dari Kediri menuju ke Bangkalan, Madura. Mobil melaju dengan kecepatan sekitar 80 km/jam di lajur 1 Astra Tol Jomo.

"Sampai di KM 683A, pengemudi mengetahui ada ledakan disertai api dari bagian bawah kendaraan," kata Zanuar kepada detikJatim, Sabtu (29/10/2022).

Sadar muncul api di bagian bawah mobilnya sekitar pukul 13.50 WIB, lanjut Zanuar, Afid bergegas menepikan kendaraannya di bahu jalan KM 683.200A. Afid dan Urmila langsung keluar dari dalam mobil yang mulai terbakar tanpa sempat menyelamatkan barang-barang.

"Kedua korban berhasil keluar dari kendaraan dan menyelamatkan diri. Untuk barang-barang beserta identitas keseluruhan terbakar," terangnya.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi menjelaskan soal penyebab kebakaran tersebut. "Diduga kendaraan mengalami korsleting listrik," jelasnya.

Api dengan cepat membakar seluruh bagian mobil Xenia tersebut. Pengelola Astra Tol Jomo datang ke lokasi memadamkan api menggunakan apar dan truk pemadam kebakaran. Sedangkan anggota Satuan PJR Polda Jatim mengatur arus lalu lintas di lokasi.

Api benar-benar bisa dipadamkan sekitar pukul 15.07 WIB. Mobil minibus itu tinggal kerangkanya saja.

Barang-barang milik korban dan surat-surat kendaraan juga ludes dilalap api. Kerugian material insiden ini sekitar Rp 50 juta.

"Mobil yang terbakar sudah dievakuasi ke pos PJR di KM 684A menggunakan mobil derek Tol Jomo," pungkas Dwi.



Simak Video "Penampakan Mobil Terbakar di GT Bintara Jaya Tol Becakayu"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/sun)