Ular Sanca Masuk Kamar Mandi Kos Cewek di Jember

Ular Sanca Masuk Kamar Mandi Kos Cewek di Jember

Yakub Mulyono - detikJatim
Minggu, 16 Okt 2022 01:30 WIB
Petugas evakuasi ular sanca 1,5 meter dari kamar mandi kos di Jember
Petugas evakuasi ular sanca 1,5 meter dari kamar mandi kos di Jember (Foto: Yakub Mulyono/detikJatim)
Jember -

Ular sepanjang 1,5 meter dengan diameter kurang lebih 5-7 cm membuat heboh penghuni rumah kos di Jalan Karimata IV, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari. Ular itu diketahui berada di kamar mandi rumah kos tersebut hingga membuat penghuninya panik.

Salah seorang penghuni rumah kos, Fitri mengaku kaget saat pertama kali melihat ular jenis sanca kembang itu berada di dalam kamar mandi. Karena panik, dia berteriak dan membuat heboh seluruh penghuni rumah kos.

"Awalnya tadi saya mau ke kamar mandi, mau ambil air wudhu untuk salat isya. Pas membuka kamar mandi saya kaget ada ular besar melingkar di pojokan kamar mandi," kata Fitri, Sabtu (15/10/2022).

Karena panik, kata Fitri, dia pun berteriak. Suara teriakan perempuan itu membuat temannya kaget dan berdatangan.

"Kemudian teman-teman yang lain kaget dan tanya ada apa. Saya bilang ada ular di dalam kamar mandi. Selanjutnya saya bilang ke Ibu Kos, dan dipanggil petugas Damkar Jember," katanya.

Selang lima menit, sebanyak 7 orang personel Regu B Unit Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Pemkab Jember langsung menuju lokasi. Saat sampai di lokasi, ular tersebut berusaha melarikan diri lewat saluran pembuangan dari dalam kamar mandi.

"Selanjutnya kami mengejar ular tersebut menyusuri dari saluran pembuangan air yang posisinya berada di belakang rumah kos, untuk melakukan proses evakuasi ular," kata Anggota Damkar dan Penyelamatan, Adit.

Lokasi rumah kos berada dekat dengan lahan kosong. Di lokasi itu juga dipenuhi rerimbunan dan rerumputan.

"Ular itu sangat suka di tempat lembab dan di belakang rumah kos mirip rawa. Jadi dimungkinkan ada ular dan masuk ke dalam rumah kos lewat saluran pembuangan air," katanya.

Pencarian ular sempat terkendala rimbunnya rumput tersebut. Apalagi saat itu kondisinya gelap. "Lokasinya gelap, sehingga tadi mencari ular agak sulit dan tim tadi menggunakan senter jenis head lamp," katanya.

"Ular pun berhasil kami tangkap di semak-semak belukar. Panjang 1,5 meter diameter kurang lebih 5-7 cm. Jenis ular Sanca Kembang. Ular jenis ini tidak berbisa, tapi melilit. Tetap berbahaya jika bukan ahlinya saat menangkap," katanya.

"Untuk meminimalisir adanya ular, saran kami warga untuk rajin membersihkan lingkungan. Apalagi saat ini musim hujan. Adalah saat di mana telur ular menetas, dan mencari mangsanya. Biasanya tikus yang ada di sekitar pemukiman warga," sambung Adit.



Simak Video "Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Plafon Rumah Warga di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/sun)