Akar Rumput di Jatim Desak PKS Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Akar Rumput di Jatim Desak PKS Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Faiq Azmi - detikJatim
Rabu, 05 Okt 2022 21:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Rusun Asrama Polri di Jakarta, Selasa (4/10/2022).
Kader PKS di Jatim ingin Anies Baswedan diusung jadi capres 2024. (Foto: Fajar Briantomo/detikcom)
Surabaya -

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim mengakui bahwa para kader dan pendukung akar rumput ingin Anies Baswedan diusung sebagai capres 2024. Mereka mendesak agar partai segera mengumumkan pencapresan Anies. PKS Jatim akan menyampaikan suara para kader tersebut kepada DPP.

"DPW PKS Jatim diundang Sabtu ke Jakarta pertemuan nasional. Yang menggodok (nama capres) itu pusat (DPP). Ya kalau dari masyarakat, nama Pak Anies masuk (sebagai capres)," kata Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan kepada detikJatim, Rabu (5/10/2022).

Mantan Anggota DPRD Jatim ini mengakui bahwa Anies adalah sosok yang punya kapasitas dan punya pengalaman.

"Beliau kan Gubernur DKI Jakarta, pasti punya pengalaman dan kapasitas," imbuhnya.

Irwan menegaskan, PKS Jatim tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan Anies capres 2024. Keputusan akhir tetap ada di tangan DPP.

"Ya, sementara ini begitu kondisinya (kader usul Anies capres), kalau sikap resmi itu kewenangannya DPP. Kalau kader memang ada harapan begitu (Anies diusung capres 2024)," jelasnya.

Ditanya ada nama selain Anies, Irwan tak menyebutnya secara gamblang.

"Ya nama, ya Anies begitu. Tapi kita nggak punya wewenang mengumumkan resmi, tapi nggak tahu ya Sabtu nanti pertemuan nasional (diumumkan atau tidak)," tambahnya.

Diketahui sebelumya, DPW PKS Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah deklarasi mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Dukungan ini disebut berasal dari pengurus PKS se-DIY.

"Ini adalah hasil dari rapat Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) PKS DIY yang terdiri dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW), Dewan Syariah Wilayah (DSW), dan Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW), serta jaring aspirasi kepada seluruh pengurus dan kader PKS se-DIY terkait siapa yang akan diusulkan kepada DPP sebagai calon presiden 2024," kata Ketua DPW PKS DIY Agus Mas'udi dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).



Simak Video "Ekspresi Anies Ditanya soal NasDem Umumkan Capres Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)