Pampang Foto Besar Pahlawan Revolusi, Bupati Ipuk: Mereka Pembela Pancasila

Pampang Foto Besar Pahlawan Revolusi, Bupati Ipuk: Mereka Pembela Pancasila

Ardian Fanani - detikJatim
Minggu, 02 Okt 2022 03:03 WIB
hari kesaktian pancasila di banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 di halaman Kantor Bupati Banyuwangi. Suasana haru bertambah, saat foto pahlawan revolusi dipampang di ujung kegiatan upacara Kesaktian Pancasila itu.

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah dan anggota Forkopimda. Di antaranya Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, Dandim 0825, Letkol Kav Eko Julianto Ramadan, Danlanal, Letkol Laut (P) Ansori, Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara, dan perwakilan dari Kejaksaan Negeri Banyuwangi.

Hadir pula Sekretaris Daerah Mujiono, para veteran, tokoh masyarakat, dan jajaran OPD Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (1/10/2022).

Dalam upacara tersebut, ada foto-foto Pahlawan Revolusi yang dipasang di pinggir lokasi upacara. Foto berukuran besar ini menambah suasana haru peringatan Kesaktian Pancasila ini.

Foto-foto yang dipasang di antaranya Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani, Letnan Jenderal TNI (Anumerta) Raden Suprapto, Kapten Czi (Anumerta) Pierre Andreas Tendean, Kolonel (Anumerta) Sugiyono Mangunwiyoto, Letnan Jenderal TNI (Anumerta) Mas Tirtodarmo Haryono, dan Letnan Jenderal TNI (Anumerta) Siswondo Parman.

"Mereka adalah pembela Pancasila. Mereka tetap ada dihati kami dan mengirim langkah perjuangan pembangunan Indonesia," kata Ipuk.

Seusai upacara, Ipuk menjelaskan tujuan memajang foto para pahlawan. Ini untuk mengenang jasa-jasa mereka yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk mempertahankan ideologi Pancasila.

"Para Pahlawan Revolusi yang gugur itu demi mempertahankan ideologi Pancasila melawan gerakan Partai Komunis Indonesia. Ini harus kita hargai dan menjadi pegangan kita. Bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa kita yang wajib kita pertahankan dan lestarikan," kata Ipuk.

Sebelumnya, dalam upacara tersebut, Bupati Ipuk tampak mengenakan setelan jas lengkap berwarna hitam. Ipuk pun menjadi inspektur upacara (Irup) pada upacara hari ini. Setelah menerima laporan dari komandan upacara, Ipuk selaku inspektur upacara memimpin sesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa mengheningkan cipta dimulai," kata Ipuk.



Simak Video "Momen Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)