Saat Kriss Hatta Belum Sadar Nikahi Pacar Usia 14 Tahun Bisa Berujung Pidana

Saat Kriss Hatta Belum Sadar Nikahi Pacar Usia 14 Tahun Bisa Berujung Pidana

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 07:03 WIB
Kriss Hatta saat ditemui di PN Jakarta Selatan.
Kriss Hatta. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Surabaya -

Kriss Hatta yang mengencani bahkan hendak menikahi gadis berusia 14 tahun mungkin tidak menyadari bahwa perbuatan yang ia niatkan itu bisa berujung pidana. Tidak sedikit publik yang geram dengan pernyataan Kriss Hatta.

Kegeraman publik itu agaknya sejalan dengan larangan menikahi perempuan berusia di bawah 19 tahun yang telah diatur UU Perkawinan. Sesuai Pasal 7 ayat (1) UU 16/2019 tentang Perubahan atas UU 1/1974 tentang Perkawinan, usia pernikahan bagi perempuan minimal 19 tahun.

Karena itu juga Ketua Bidang Data, Informasi, dan Litbang Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Jawa Timur menyebutkan fenomena Kriss Hatta itu merupakan kejahatan terselubung bila dipandang dari sudut pandang perlindungan terhadap anak.

"Menurut saya ini kejahatan terselubung, atas nama nikah. Karena yang dinikahi anak dan kemudian dalam pernikahan itu terjadi apa yang disebut hubungan seksual," ujarnya.

Isa mendasarkan pernyataannya pada UU No 35/2014 tentang Perlindungan Anak bahwa apapun alasannya, hubungan seksual dengan anak merupakan suatu kejahatan.

"Di dalam Undang-undang perlindungan anak itu, apapun alasannya, melakukan hubungan seksual dengan anak itu kan, kejahatan," tegasnya.

Dia mengakui dalam prosesnya Pengadilan Agama menerima permohonan dispensasi pernikahan dengan anak. Tidak jarang permohonan dispensasi menikah itu juga dikabulkan.

"Iya, biasanya kalau hamil kan? Ada Dispensasi. Tapi kalau hanya karena senang? Ini kan persoalan sekarang. Padahal pernikahan itu bukan persoalan untuk 1 atau 2 hari saja. Apalagi beda usia cukup jauh. Saya pribadi berharap pengadilan tidak mengabulkan permohonan dispensasi itu," katanya.

Tidak hanya dari sudut pandang UU Perlindungan Anak, apa yang akan dilakukan Kriss Hatta itu bahkan bisa berujung pidana hingga 9 tahun penjara bila dirinya tetap memaksa melakukannya.

Aturan tentang pidana perkawinan anak itu sudah diatur dalam Undang-Undang 12/2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Seperti diatur di dalam pasal 10 ayat (2) di dalam undang-undang tersebut.



Simak Video "4 Poin Kecaman KPAI Terhadap Kriss Hatta"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)