Sepi Peminat, Pendaftaran Panwascam 8 Kecamatan Lamongan Diperpanjang

Sepi Peminat, Pendaftaran Panwascam 8 Kecamatan Lamongan Diperpanjang

Eko Sudjarwo - detikJatim
Kamis, 29 Sep 2022 19:19 WIB
Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 8 kecamatan diperpanjang
Panwascam Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 8 kecamatan Lamongan diperpanjang. Ini karena belum memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan. Perpanjangan dilakukan selama 5 hari kerja, mulai 2 hingga 8 Oktober mendatang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslukab) Lamongan Miftahul Badar mengaku hingga pendaftaran anggota Panwascam ditutup 27 September, ada 8 kecamatan di Lamongan yang pendaftarannya diperpanjang.

"Terdapat 8 kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 persen perempuan dalam pendaftaran Panwascam. Bahkan, di beberapa kecamatan ada yang sama sekali belum ada pendaftar perempuan," kata Miftahul Badar kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Badar merinci, 8 kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 persen perempuan dalam pendaftaran Panwascam di antaranya adalah Kecamatan Brondong, Maduran, Paciran, Solokuro, Mantup, Karanggeneng, Kalitengah, dan Karangbinangun. Sesuai aturan dan ketentuan pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu serentak tahun 2024, sebut Badar, dalam pendaftaran wajib memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan di setiap kecamatan.

"Bawaslu Lamongan akan memperpanjang masa pendaftaran agar kuota 30 persen pendaftar calon panwascam perwakilan perempuan ini bisa terpenuhi selama 5 hari kerja yang dijadwalkan akan berlangsung pada 2-8 Oktober 2022," ujarnya.

Hingga penutupan pendaftaran calon anggota Panwascam, Badar mengungkapkan, sudah ada sebanyak 385 orang pendaftar dimana 307 pendaftar adalah laki-laki dan hanya ada 78 orang di antaranya yang perempuan. Saat ini, Bawaslu Lamongan masih melakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon para anggota Panwascam.

"Seleksi calon anggota Panwascam sama dengan sebelumnya, yakni menggunakan tes berbasis komputer secara terpusat, sehingga peserta bisa mengetahui langsung hasil tes tertulis yang telah dikerjakan," ungkap Badar seraya menyebut dari hasil tes setiap kecamatan akan dipilih 6 ranking teratas yang nilainya paling bagus.

Badar menambahkan, setelah terpilih 6 besar bakal calon Panwascam, akan dilanjutkan dengan tes wawancara untuk memilih 3 orang yang akan mulai bekerja pada awal Oktober 2022 mendatang. Sejumlah persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh para bakal calon anggota Panwaslu Kecamatan.

Di antaranya WNI berusia minimal 25 tahun yang berdomisili di wilayah Lamongan dan dibuktikan dengan KTP elektronik, pendidikan minimal lulusan SMA dan sederajat, tidak ada ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, dan tidak pernah dipidana penjara lima tahun atau lebih.

"Kami mengimbau masyarakat Lamongan terutama kaum perempuan agar ikut berperan mengawasi Pemilu 2024 mendatang," imbaunya.



Simak Video "Jokowi Ingatkan Sebentar Lagi Tahun Politik: Jangan Ada Adu Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)