Pendaftaran Panwascam, 3 Kecamatan di Trenggalek Belum Penuhi Kuota Perempuan

Pendaftaran Panwascam, 3 Kecamatan di Trenggalek Belum Penuhi Kuota Perempuan

Adhar Muttaqin - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 10:51 WIB
Pendaftaran Panwascam, Tiga Kecamatan di Trenggalek Belum Penuhi Kuota Perempuan
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Trenggalek dipastikan akan memperpanjang masa pendaftaran Panwascam. Sebab, sejumlah kecamatan belum memenuhi batas minimal kuota perempuan. Syarat minimal pendaftar perempuan 30 persen.

Ketua Bawaslu Trenggalek Achmad Rokhani, mengatakan hingga berakhirnya masa pendafataran Panwascam pada Selasa (27/9/2022) petang, terdapat tiga kecamatan yang belum memenuhi kuota perempuan, yakni Kecamatan Munjungan, Watulimo dan Kecamatan Pule.

"Munjungan itu hanya ada satu pendaftar perempuan, sedangkan Pule dan Watulimo nol," kata Achmad Rokhani, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya pukul 17.00 WIB kemarin, terdapat 211 pendaftar, dengan komposisi laki-laki 157 pendaftar dan perempuan 54 pendaftar. Dengan komposisi itu prosentase total pendaftar di tingkat kabupaten 74 persen didominasi laki-laki dan 26 persen perempuan.

Terkait belum terpenuhinya kuota perempuan, Bawaslu Trenggalek akan memperpanjang masa pendaftaran Panwascam untuk tiga kecamatan tersebut. Perpanjangan dilakukan pada 2-8 Oktober mendatang.

"Sesuai pedoman jadwal rekrutmen Panwascam, masa perpanjangan dilakukan selama tujuh hari," jelasnya.

Pihaknya berharap jumlah kuota minimal pendaftar perempuan di Kecamatan Munjungan, Pule dan Watulimo akan terpenuhi. Harapannya proses seleksi bisa segera dilanjutkan ke tahap berikutnya.

"Untuk hari ini tanggal 28 sampai 30 Oktober panitia seleksi akan melakukan proses penelitian berkas pendaftaran yang telah masuk," imbuhnya.

Sementara Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu Kecamatan, Rusman Nuryadin menambahkan, dari 14 kecamatan di Trenggalek jumlah pendaftar perempuan terbanyak di Kecamatan Trenggalek dan Tugu.

"Untuk Kecamatan Trenggalek itu pendaftarnya 22 orang, 10 di antaranya adalah perempuan dan 12 laki-laki. Sedangkan Kecamatan Tugu total ada 25 pendaftar, laki-lakinya 13 dan perempuannya 12 orang," kata Rusman.



Simak Video "Detik-detik Banjir Bandang Terjang Permukiman di Trenggalek"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)