Vaksin Meningitis Habis, Jemaah Umroh Surabaya Gagal Berangkat

Vaksin Meningitis Habis, Jemaah Umroh Surabaya Gagal Berangkat

Esti Widiyana - detikJatim
Kamis, 29 Sep 2022 15:00 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Sejumlah jemaah umroh dari Surabaya terpaksa gagal berangkat akibat kehabisan vaksin meningitis. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun mengirim surat ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, ia meminta segera ada suplai vaksin ke Kota Pahlawan.

"Kita sudah beri surat ke Kemenkes, dinkes juga sudah mengontak ke sana. Kemarin saya juga menyampaikan kepada tenaga ahlinya atau staf ahlinya Kemenkes," kata Eri kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Eri menyebut, setelah bersurat ke Kemenkes, harapannya vaksin meningitis tersebut bisa segera dikirim. Pihaknya pun menanti vaksin ini agar para jemaah umroh bisa segera berangkat.

"Gak lama lagi ya bisa dikirim. Ini podo karo (sama dengan) vaksin COVID-19 wingi (kemarin). Ini juga dibutuhkan untuk ibadah umroh. Kemarin ada beberapa gak bisa berangkat umroh karena vaksinnya gak ada. Kita tergantung dengan pemerintah pusat. Semoga segera diatasi," jelasnya.

Untuk kebutuhan vaksin meningitis di Surabaya, Eri mengaku tidak bisa memprediksi berapa banyak. Sebab, vaksin ini untuk jemaah umroh yang hendak beribadah ke Tanah Suci.

Eri menyebut, pihaknya akan menghitung lagi calon jemaah umroh, baik dari Surabaya hingga luar kota untuk memastikan berapa stok yang dibutuhkan.

"Jadi orang Surabaya atau yang perlu untuk datang umroh disuntikno. Kita akan menghitung lagi itu, yang datang umroh-umroh di Perak pasti suntik. Semoga bulan depan datang," pungkasnya.



Simak Video "Kilas Balik Pertempuran 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)