Sederet Khasiat Tanaman Toga untuk Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas

Esti Widiyana - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 11:02 WIB
Rempah-rempah
Foto: detikcom/Riska Fitria
Surabaya -

Saat cuaca panas seperti saat ini terkadang membuat tubuh lesu dan kekurangan stamina. Masyarakat diimbau ekstra menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Dosen Prodi Sarjana Terapan Pengobatan Tradisional Universitas Airlangga (Unair) Maya Septriana SSi Apt Msi menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Salah satu caranya dengan mengkonsumsi jamu atau Menurutnya, jamu merupakan kategori obat tradisional yang memiliki data empiris. Yaitu dilandasi dengan bukti akan manfaat yang berdasar dari pengalaman masyarakat yang telah mengonsumsi jamu secara turun-temurun.

"Pengobatan tradisional lebih terkenal pada sifat warisan turun temurun namun sekarang sudah berkembang pada pembuktian ilmiah," kata Maya, Rabu (28/9/2022).

Maya pun memberikan beberapa contoh herbal yang mudah ditemukan. Di antaranya seperti kunyit, temulawak, jahe, serai, kelor, kencur hingga sambiloto.

Tanaman herbal tersebut memiliki kandungan zat aktif yang bermanfaat. Seperti, kurkuminoid dan ukanon jenis A, B, C dan D pada kunyit (Curcuma domestica) yang dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh, fenandrean, fumerol, kurkumindan desmetoksikurkumin pada temulawak (Curcuma Xanthorriza).



Simak Video "Cuaca Panas Terik Tangerang-Banten Ekstrem, Ini Penjelasan BMKG"
[Gambas:Video 20detik]