PKB Ngebet Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024

PKB Ngebet Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Faiq Azmi - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 20:44 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan warga tak menggunakan masker ketika berada di luar ruangan. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut, ini proses menuju hidup yang lebih baik.
Khofifah Indar Parawansa masuk radar utama PKB untuk dicalonkan jadi cagub Pilgub Jatim 2024. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Kontestasi Pilgub Jatim 2024 masih cukup lama, sekitar dua tahun dari sekarang. Namun, DPW PKB Jatim sudah ngebet ingi mencalonkan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada Jatim 2024.

"Soal Pilgub, memang belum ada arahan dari pimpinan dan DPP, karena kami masih fokus Pileg dan Pilpres. Tetapi, Bu Khofifah jelas masuk radar utama untuk diusung PKB (di Pilgub Jatim 2024)," kata, Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi, Selasa (27/9/2022).

Fauzan menegaskan, Khofifah adalah representasi warga Nahdlatul Ulama (NU). Apalagi Khofifah juga masih menjabat sebagai Ketua Muslimat NU.

"Ya kalau kenapa, ya beliau itu representasi NU, PKB ini kan pemilih utamanya warga Nahdliyin. Jadi ya mengapa tidak (untuk diusung di Pilgub Jatim 2024)?," jelasnya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini menyatakan, sampai hari ini sebenarnya Khofifah masih kader PKB. Sebab, Khofifah belum pernah mengembalikan KTA ke DPP PKB.

"Partai beliau ini masih PKB, kecuali Bu Khofifah bilang sudah mengembalikan KTA PKB misal. Atau pernyataan resmi beliau bukan PKB. Kan selama ini Bu Khofifah belum pernah ada statement keluar dari PKB," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Fauzan, PKB juga memiliki beberapa kader internal yang berpotensi diusung di Pilgub Jatim 2024. Antara lain Ketua DPW PKB Jatim yang juga Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan sejumlah kepala daerah di Jatim dari PKB.

"Gus Halim juga sangat berpotensi, apalagi elektabilitas beliau juga sebagai ketua partai di Jatim tinggi. Ya, tidak menutup kemungkinan, masih dua tahun dan sangat dinamis," tandasnya.

Dalam berbagai survei di Jatim, elektabilitas Khofifah Indar Parawansa masih jadi yang nomor satu. Angkanya bervariasi, mulai 30-40 persen.

Dalam survei ARCI, elektabilitas Khofifah sebagai Cagub Jatim sebesar 37,25%. Sedangkan menurut lembaga survei Poltracking, elektabilitas Khofifah sebagai Cagub Jatim 2024 sebesar 39,8%. Kemudian, menurut survei SSC, elektabilitas Khofifah sebagai Cagub Jatim 2024 sebesar 30,0%.



Simak Video "Berkas 24 Parpol Calon Peserta Pemilu Dinyatakan Lengkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)