Puan Mesra dengan Cak Imin, DPW Jatim: Memang Banyak yang Melirik PKB

Puan Mesra dengan Cak Imin, DPW Jatim: Memang Banyak yang Melirik PKB

Faiq Azmi - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 11:08 WIB
Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim Fauzan Fuadi
Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, sembari makan nasi pecel di TMP Kalibata, Jakarta Selatan memunculkan spekulasi baru peta koalisi. PKB yang sudah berkoalisi dengan Gerindra bisa saja berpaling ke PDIP.

Merespons hal itu, Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi menyebut, pertemuan tersebut menunjukkan bahwa Muhaimin membuktikan bahwa dirinya bisa berkomunikasi dengan parpol manapun tanpa adanya sekat.

"Sambil makan pecel sarapan, yang pasti itu menunjukkan Gus Muhaimin bisa melakukan komunikasi dengan elite-elite lintas parpol tanpa tersekat oleh apapun. Jadi, itu juga menandakan bahwa beliau ini luwes dalam berkomunikasi," ujar Fauzan di DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, Selasa (27/9/2022).

"Lebih penting dari itu, adalah kesempatan ziarah ke makam almarhum Taufiq Kiemas. Dan ada pengakuan tulus dari Gus Muhaimin, bahwa sumbangsih Pak Taufiq dalam perjalanan politik Gus Muhaimin di awal-awal itu luar biasa," sambungnya.

Fauzan membeberkan, pertemuan PDIP-PKB itu masih belum membuahkan hasil apapun terkait kerja sama politik. Hanya sebatas guyonan terkait 2024.

"Kalau soal materi pembicaraan ya, saya terus terang belum tahu. Mungkin guyonan-guyonan. Peluang PDIP dan PKB koalisi, ya sama ya seperti koalisi dengan yang lain, belum kongkret kerja samanya. Beda dengan PKB sama Gerindra, kan ada piagam kerja samanya," ujarnya.

"Dengan PDIP baru komunikasi awalan, tapi itu positif menentukan langkah politik PKB, politik itu dinamis," sambungnya.

Tak hanya itu, Fauzan menyimpulkan, dari berbagai pertemuan Cak Imin dengan ketua-ketua parpol, tiket capres/cawapres hampir pasti sudah dipegang PKB.

"Hemat saya Gus Muhaimin sudah 90 persen tiket running ke Pilpres sudah dipegang baik sebagai capres atau cawapres. Ada nilai tawar yang dimiliki PKB," jelasnya.

Apa nilai tawar itu? Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini menyebut, PKB adalah partai yang paling siap menghadapi Pemilu 2024 termasuk soal Pilpres. Hal itu dibuktikan ketika PKB menjadi parpol pertama yang lolos pertama verifikasi faktual.

"Dan PKB lolos sebagai parpol pertama yang lolos persyaratan untuk mengikuti Pemilu 2024. Itu menandakan PKB solid di dalamnya tidak ada friksi. Relatif paling siap menghadapi pemilu," tegasnya.

"Dari situ, ketika orang melirik PKB berbicara terkait pileg, pilpres, tentu tidak memandang sebelah mata PKB, banyak yang melirik. PKB tidak akan ditinggal, kita bicara mesin, berbicara soliditas organisasi, sebuah orkestra yang tingkat produktivitasnya baik di dunia maya dan langsung sama imbangnya," lanjutnya.

Politikus dari Dapil Jatim XII (Tuban-Bojonegoro) ini menegaskan, Cak Imin akan terus melakukan konsolidasi dan menyapa masyarakat melalui berbagai acara, salah satunya Gus Muhaimin Festival.

"Gus Muhaimin itu keliling bikin Gus Muhaimin festival itu tiap minggu, luar biasa yang datang dan akan terus dilaksanakan. Rencananya masuk Hari Santri 2022, di Jatim akan ada gawe kirab panglima santri. Mesin partai jalan terus, partai solid untuk kepentingan apapun kita siap," tandasnya.



Simak Video "Cak Imin Mau Bicara Empat Mata dengan Puan Bahas Koalisi"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)