Blak-blakan Relawan Sebar 2.800 Eksemplar Tabloid Anies Baswedan di Malang

Blak-blakan Relawan Sebar 2.800 Eksemplar Tabloid Anies Baswedan di Malang

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 24 Sep 2022 19:19 WIB
Tabloid Anies Baswedan di Pasar Klojen Malang
Warga di Pasar Klojen Kota Malang saat mendapat majalah Anies Baswedan (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Kota Malang -

Sosok penyebar tabloid berisi kesuksesan Anies Baswedan di Kota Malang blak-blakan mengakui aksinya. Penyebarnya yakni relawan Anies P-24. Namun, mereka menampik menyebarkan ribuan tabloid di masjid Kota Malang.

"Yang menyebarkan tabloid itu memang kami, mas. Artinya, menyebarkan tabloid itu di Kota Malang," jelas Ketua Relawan Anies P-24 Kota Malang, Joemawan Muhammad kepada wartawan, Sabtu (24/9/2022).

Joemawan menjelaskan, relawan Anies P-24 Kota Malang menerima 3 ribu eksemplar tabloid dari Jakarta. Setelah itu, tabloid-tabloid ini disebar ke sejumlah ruang publik, termasuk di pasar tradisional Kota Malang.

"Kami sudah sebarkan sekitar 2.800-an (eksemplar tabloid) dan hampir habis. Sekarang tinggal 200-an saja," jelasnya.

Tak hanya itu, Joemawan menegaskan Relawan Anies P-24 ini sudah mendapat persetujuan. Bahkan, di pusat telah ada Ketua Relawan Anies P-24 bernama Gunaris.

"Di Jatim kita sudah ada DPD juga, tinggal beberapa saja (yang belum terbentuk)," katanya.

Namun, mereka menolak dikatakan sebagai penyebar tabloid yang sama di Masjid Al Amin Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kecamatan Sukun, Kota Malang, beberapa waktu lalu. Dengan begitu, sosok pembawa tabloid KBAnewspaper berisi 12 halaman dengan edisi cetak 28 Februari 2022 di Masjid Al Amin tetap menjadi misteri.

"Yang menyebarkan tabloid itu memang kami mas. Tapi bukan saya bilang di masjid loh ya," ungkapnya.

Joemawan mengaku banyak warga berdatangan untuk meminta tabloid ke rumahnya. Mereka kemudian membantu untuk menyebarkan ke kampung-kampung. Bisa disebut bahwa mereka yang ikut menyebarkan adalah simpatisan Anies Baswedan.

"Ke rumah saya minta, 'pak saya mau nyebarkan ke tetangga saya pak', 'pak saya mau sebarkan ke kampung saya', itu banyak. Saya kan pikir ini sebagai simpatisan kan. Kalau simpatisan kan ini kesempatan untuk meringankan tugas saya mensosialisasikan pak Anies Baswedan," ujarnya.

Analisis relawan soal sosok yang menyebarkan tabloid Anies di masjid. Baca halaman selanjutnya!