Cara Mengurus IMB di Surabaya

Cara Mengurus IMB di Surabaya

Dina Rahmawati - detikJatim
Senin, 19 Sep 2022 20:43 WIB
Petugas dari Pemprov DKi Jakarta melakukan peninjauan di bangunan Kavling yang sudah di segel di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (01/06/2016). Sebanyak 9 bangunan rumah kavling yang sudah jadi dan 22 bangunan yang masih dalam tahap pembangunan  di segel oleh Pemprov DKI Jakarta karena tidak memiliki izin untuk mendirikan bangunan tersebut. Grandyos Zafna/detikcom

-. Rencananya Pemprov DKI akan melakukan pembongkaran terhadap bangunan tersebut.
Ilustrasi bangunan/Foto: Grandyos Zafna
Surabaya -

Saat akan mendirikan sebuah bangunan, Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen untuk kepentingan administrasi. Salah satunya Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah sebuah dokumen penting berupa perizinan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, merawat, merobohkan, memperluas atau mengurangi bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan teknis yang berlaku.

Dalam UU No 28 Tahun 2008 tentang Bangunan Gedung pasal 7 ayat 1 disebutkan bahwa setiap pendirian bangunan gedung di Indonesia harus memiliki IMB.

Bangunan yang tidak memiliki IMB dapat dibongkar oleh pemerintah setempat. Selain itu, pemilik bangunan yang tidak memiliki IMB juga akan mengalami kesulitan saat ingin merenovasi atau menjual bangunan tersebut.

Peraturan terkait IMB ini juga telah ditetapkan dalam beberapa undang-undang seperti UU No.34/2001 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, UU No.28/2002 tentang Bangunan Gedung, PP No.36/2005 tentang Peraturan Pelaksanaan, serta PP No.16 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Cara Mengurus IMB di Surabaya

Bagi warga Surabaya yang hendak mengurus IMB, simak persyaratan dan prosedurnya seperti dikutip dari laman Surabaya Single Window sebagai berikut:

Persyaratan Mengurus IMB

  • - Fotokopi SKRK/Rencana Tapak dan/atau IMB beserta lampiran gambar IMB yang telah diterbitkan sebelumnya jika bangunan telah memiliki IMB
  • Fotokopi KTP pemohon atau pemilik tanah
  • Fotokopi tanda bukti status kepemilikan hak atas tanah
  • Surat pernyataan pertanggungjawaban pendirian bangunan
  • Fotokopi rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya jika bangunan yang dimohonkan merupakan bangunan cagar budaya atau terletak di kawasan cagar budaya
  • Sketsa bangunan
  • Foto lokasi/ foto bangunan

Baca prosedur mengurus IMB di halaman selanjutnya