Polisi Perketat Penjagaan TPS Sangat Rawan saat Pilkades Serentak di Mojokerto

Polisi Perketat Penjagaan TPS Sangat Rawan saat Pilkades Serentak di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Sabtu, 10 Sep 2022 10:17 WIB
Persiapan pengamanan Pilkades serentak di Mojokerto
Persiapan pengamanan pilkades serentak di Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Kota Mojokerto -

Pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) telah dilakukan Polres Mojokerto Kota untuk menjaga keamanan pilkades serentak 14 September 2022. Penjagaan setiap TPS kategori sangat rawan diperketat dengan menerjunkan 3 polisi dan 6 satuan perlindungan masyarakat (linmas) atau hansip.

Pilkades serentak akan digelar 41 desa di Kabupaten Mojokerto. Dari jumlah itu, 8 desa berada di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota.

Rinciannya, yakni di Desa Gunungan di Kecamatan Dawarblandong, Desa Canggu, Ngabar, Jetis dan Lakardowo di Kecamatan Jetis, serta Desa Sidoharjo, Batankrajan dan Pagerejo di Kecamatan Gedeg. Sedangkan 33 desa di wilayah hukum Polres Mojokerto.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Wiwit Adisatria mengatakan, penjagaan keamanan pilkades serentak di wilayah hukumnya bakal melibatkan 643 personil gabungan. Terdiri dari 335 polisi, 110 TNI, 188 hansip atau linmas dan 10 Satpol PP. Pengerahan pasukan dimulai pada Senin (12/9) sore.

"Potensi kerawanan di masing-masing TPS sudah kami petakan. Sehingga pola pengamanan di setiap TPS kami sesuaikan dengan potensi kerawanan yang ada. Kami tidak under estimate, berusaha mengamankan yang terbaik," kata Wiwit kepada detikJatim, Sabtu (10/9/2022).

Totalnya, terdapat 67 TPS untuk pemungutan suara pilkades serentak 14 September di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota. Terdiri dari 47 TPS kategori kurang rawan, 13 TPS rawan dan 7 TPS sangat rawan. Penjagaan puluhan TPS itu akan melibatkan 94 polisi dan 188 linmas.

Dari 67 TPS yang ada, 42 di antaranya berada di Kecamatan Jetis. Dengan rincian 29 TPS kurang rawan, 8 TPS rawan dan 5 TPS sangat rawan. Di Kecamatan Gedeg terdapat 20 TPS yang terdiri dari 18 TPS kurang rawan dan 2 TPS sangat rawan.

Sedangkan di Kecamatan Dawarblandong hanya ada 5 TPS yang semuanya berkategori rawan. Penjagaan di masing-masing TPS kategori kurang rawan menggunakan pola 1 polisi dan 2 hansip. Sedangkan setiap TPS kategori rawan bakal dijaga 2 polisi dan 4 hansip. Lalu, pengamanan di TPS sangat rawan bakal diperketat.

"Untuk TPS kategori sangat rawan masing-masing TPS akan dijaga 3 polisi dan 6 linmas," jelas Wiwit.



Simak Video "Duduk Bareng Jokowi, Petani Tebu di Mojokerto Curhat soal Harga Pupuk"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)