Padepokan Gus Samsudin Masih Belum Ajukan IMB-Izin Praktik ke Pemkab Blitar

Padepokan Gus Samsudin Masih Belum Ajukan IMB-Izin Praktik ke Pemkab Blitar

Fima Purwanti - detikJatim
Selasa, 23 Agu 2022 09:54 WIB
Padepokan Gus Samsudin
Padepokan Gus Samsudin masih tutup sampai sekarang. (Foto: Fima Purwanti/detikJatim)
Blitar -

Hingga saat ini padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin masih ditutup. Izin bangungan dan izin praktik pengobatan tradisional belum diajukan sampai sekarang.

"Sampai dengan saat ini belum ada permohonan izin yang masuk ke kami," ujar Kepala DPM PTSP Kabupaten Blitar Agus Santosa saat dikonfirmasi detikJatim, Rabu (23/8/2022).

Agus menyebutkan, ada dua izin yang mestinya harus diurus Gus Samsudin. Yakni Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang harus diajukan kepada DPM PTSP.

"Kemudian untuk izin praktik atau STPT (surat terdaftar penyehat tradisional) juga belum diperbarui setelah dicabut," terangnya.

Terkait tindak lanjut, kata Agus, pihaknya masih akan menunggu permohonan izin dari pihak padepokan apabila ingin meneruskan usahanya. Sebab, pihaknya tidak dapat mmenggusur bangunan maupun penutupan secara permanen tanpa ada kewenangan.

"Selama tidak ada izin ya tidak boleh buka. Itu kan yang ada di dalam surat keputusan yang disampaikan Pak Wabup. Kemudian juga tidak ada batasan waktu, asal ada izin dulu secara resmi," jelasnya.

Sementara itu, pengacara Gus Samsudin, Supriarno mengatakan, pihaknya masih melakukan persiapan terkait kepengurusan izin.

"Iya, masih dalam proses. Mohon dukungannya," jawabnya singkat saat dikonfirmasi detikJatim melalui pesan whatsapp.

Diketahui sebelumnya, Pemkab Blitar bersama dengan jajaran forkopimda menggelar konferensi pers terkait hasil keputusan mengenai padepokan milik Gus Samsudin di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa (9/8). Hasil keputusan itu menyebutkan tiga poin utama terkait nasib padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin, yang dibacakan langsung oleh Wakil Bupati Blitar. Turut hadir kuasa hukum dari pihak Gus Samsudin, perwakilan warga Desa Rejowinangun dan lembaga terkait lainnya.



Simak Video "Padepokan Gus Samsudin di Blitar Digeruduk Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)