Perseteruan Gus Samsudin-Pesulap Merah, Gus Muwafiq: Adu Sakti Saja Lah!

Perseteruan Gus Samsudin-Pesulap Merah, Gus Muwafiq: Adu Sakti Saja Lah!

Ardian Fanani - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 07:59 WIB
Ahmad Muwafiq atau dikenal sebagai Gus Muwafiq memberi tausiyah di depan pimpinan dan pegawai KPK.
Foto dokumen Gus Muwafiq ketika mengisi tausiyah di KPK. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Banyuwangi -

Perseteruan antara Gus Samsudin dan Pesulap Merah mendapatkan komentar dari ulama di Indonesia. KH. Ahmad Muwafiq atau akrab disapa Gus Muwafiq meminta perseteruan keduanya diakhiri dengan adu kesaktian.

Menurut Gus Muwafiq, perseteruan antara pesulap merah dan Gus Samsudin adalah adu sakti di wilayah yang berbeda.

"Ya sebenarnya Pesulap Merah dan Samsudin itu adu sakti saja lah di wilayah berbeda," ujarnya kepada detikJatim saat dihubungi, Senin (15/8/2022).

"Paling sederhana dikumpulin saja. Siapa yang paling sakti gitu aja. Diadu (Kesaktiannya) lah," tegasnya.

Gus Muwafiq menambahkan adu kesaktian di wilayah berbeda itu menurutnya karena pesulap merah trik dan manipulasinya dipakai sebagai nilai hiburan. Sedangkan Gus Samsudin digunakan sebagai tujuan pengobatan.

"Ya ditentukan saja. Kalau pesulap merah wilayah trik dan manipulasi merupakan nilai hiburan. Gus Samsudin itu untuk tujuan pengobatan. Tapi di balik itu semua ditemukan kejanggalan, digiring oleh Pesulap Merah adalah sesuatu manipulasi," tambahnya.

Adu kesaktian ini, kata Gus Muwafiq, nantinya akan menjadi khasanah hiburan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat bisa lebih cermat dan mengambil hikmat dari perseteruan ini.

"Yang menuduh Pesulap Merah dan Gus Samsudin bisa menandingi akhirnya bisa jadi satu khasanah dan hiburan bagi masyarakat," pungkasnya.

Diketahui, Gus Samsudin sempat berpolemik dengan Pesulap Merah. Pesulap Merah yang tidak percaya pengobatan Gus Samsudin sempat meminta pembuktian keaslian ilmu spiritual. Bahkan, Pesulap Merah pernah datang ke Padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin di Blitar.

Kedatangan Pesulap Merah ke Blitar sempat memicu cekcok dengan anak buah Gus Samsudin di padepokan. Akhirnya, Kades Rejowinangun turun tangan dan meminta KTP Pesulap Merah. Proses ini sempat alot karena Pesulap Merah awalnya enggan memberikan KTP-nya.

Polemik pembuktian kesaktian ini berujung hingga laporan ke polisi. Gus Samsudin melaporkan Pesulap Merah ke Polda Jatim atas tuduhan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian.



Simak Video "Pemkab Blitar Larang Padepokan Gus Samsudin Terima Santri-Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)