FK Unair Gelar Pengabdian Masyarakat di 109 Titik, Mulai Jawa hingga Papua

Esti Widiyana - detikJatim
Jumat, 19 Agu 2022 00:03 WIB
Dekan FK Unair Prof Budi Santoso
Dekan FK Unair Prof Budi Santoso (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) akan melaksanakan pengabdian masyarakat ke 109 titik di Indonesia. Jumlah tersebut sesuai dengan angka Dies Natalis FK Unair yang ke-109.

Dekan FK Unair Prof Budi Santoso mengatakan, jika pihaknya dan alumni FK Unair akan melaksanakan pengabdian masyarakat di 109 titik di tanah air. Ada yang di Papua, Jawa dan daerah-daerah lainnya.

"Biasanya, ketika hampir selesai melaporkan aktivitas kegiatannya, memberikan penyuluhan dan sebagainya nanti, ada penutupan yang disentralkan di suatu tempat untuk pengabdian masyarakat. Tahun lalu dipusatkan di yayasan anak cacat di daerah Semolo, Surabaya," kata Prof Budi kepada wartawan di FK Unair, Kamis (18/8/2022).

Dalam pengabdian masyarakat, FK Unair memberikan kebebasan untuk alumni. Baik tentang stunting, penyuluhan, edukasi COVID-19 dan lainnya. Pastinya, tidak selalu dengan kegiatan suntik menyuntik dan pengobatan saja.

"Tapi lebih ke arah preventif promotif beberapa kegiatan. Seperti operasi katarak ada dokter spesialis mata. 109 Ini terbagi dari sekian angkatan, contohnya angkatan 80 dua titik, angkatan 81 di tiga titik, akhirnya dilaporkan sejumlah 109 titik. Ini khas yang ada di kita," jelasnya.

Nantinya, para alumni FK Unair juga akan mengunjungi alumni lainnya yang bertugas di daerah. Tak hanya mengunjungi, tetapi juga membantu masyarakat di sana, baik dari bidang medis, non medis, pembagian sembako dan lainnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat bersama dengan alumni FK UNair, baik S1 maupun S2 berjalan lebih lama. Tak hanya pengabdian masyarakat, pihaknya berkolaborasi beberapa kegiatan. Seperti seminar dan lainnya.

"Tujuannya supaya kita saling mengenal, kita bisa terus berkontribusi bersama alumni untuk memajukan Fakultas Kedokteran Unair. Dan tentunya sifatnya membantu adik-adik kelas yang membutuhkan bantuan. Itupun akan kita fasilitasi," pungkasnya.



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)