Panutan! Satu Keluarga Doktor Hukum Unair Dapat 3 Rekor MURI

Esti Widiyana - detikJatim
Sabtu, 13 Agu 2022 13:12 WIB
Sekeluarga di Unair raih gelar dokter hingga pecahkan rekor MURI
Sekeluarga yang meraih gelar doktor di Unair (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Satu keluarga alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) berhasil meraih piagam rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Keluarga ini dinobatkan sebagai "Keluarga Pertama Peraih Gelar Doktor Ilmu Hukum dari Perguruan Tinggi yang Sama".

Keluarga tersebut ialah Dr Tandyo Hasan (ayah), Dr Inge Soesanto (ibu), Dr Michael Han (anak pertama), dan Dr Mitchell Hans (anak kedua).

Usai mendapat rekor MURI, Tandyo Hasan mengaku tak pernah meminta atau mendorong kedua putranya untuk menempuh pendidikan hukum, seperti dirinya dan sang istri. Kedua anaknya menuntut ilmu sesuai dengan keinginan dan peminatan masing-masing.

"Tidak ada yang mengarahkan. Bahkan, ibunya sempat mengancam kalau mereka (anak-anaknya) memilih ilmu hukum juga hasilnya harus bagus, kalau tidak bagus akan ada konsekuensinya," kata Tandyo kepada wartawan di Gedung Rektorat Unair, Sabtu (13/8/2022).

Ia berharap, penghargaan MURI yang diberikan ke keluarganya ini bisa menjadi kebanggan yang diberikan keluarganya bagi almamater. Selain itu, ia juga ingin mencontohkan, dukungan keluarga sangatlah penting dalam menempuh pendidikan.

Untuk kiat-kiat prestasi keluarganya, Dosen FH Unair ini mengaku, hanya doa yang senantiasa ia panjatkan agar anak-anaknya bisa menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu dan hasil yang memuaskan.

"Berdoa kenceng, supaya tetap lulus, memberikan tauladan kepada mereka (anak-anak) agar menyelesaikan studi dengan waktu 3 tahun. Kiatnya berdoa," ujarnya.

3 rekor MURI yang dipecahkan keluarga ini, di halaman selanjutnya!