ODGJ di Kota Malang Ngamuk Lalu Bakar Rumahnya Sendiri

Muhammad Aminudin - detikJatim
Kamis, 18 Agu 2022 17:21 WIB
Petugas usai memadamkan di rumah ODGJ di Malang
Petugas usai memadamkan di rumah ODGJ di Malang (Dok. PMK Kota Malang)
Malang -

PA, Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Malang membakar rumahnya sendiri. Usai membakar, dia langsung dibawa ke rumah sakit jiwa (RSJ).

Informasi yang dihimpun detikJatim, rumah yang dibakar terletak di Jalan Satria Barat Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang pada Kamis (18/8/2022) dini hari.

Ketua RT setempat, Suwiryo mengatakan sehari-hari PA tinggal bersama ayahnya yang bernama Wiyono (77). Sedangkan peristiwa pembakaran rumah terjadi sekitar pukul 01.00 WIB.

"Sekitar pukul 01.00 WIB dini hari itu, ia (PA) ngebut wira-wiri naik pakai motor di jalanan kampung. Warga di sekitar sudah paham kelakuannya, jadi didiamkan saja," katanya kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Tak lama kemudian, orang tua pelaku menyusul dengan berjalan kaki sambil memukuli beberapa tiang telepon dan tiang bendera berharap adanya bantuan dari warga. Namun warga tidak ada yang merespons. Karena warga juga ketakutan dengan perilaku PA.

"Tak lama kemudian, orang tua pelaku kembali pulang ke rumahnya. Ternyata, pelaku sudah sampai duluan dan membakar rumah," terangnya.

Melihat kejadian kebakaran itu, warga sekitar segera menghubungi Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang.

Kepala UPT PMK Kota Malang, Teguh Budi Wibowo menyebut pihaknya menerjunkan 3 unit damkar dan 18 petugas untuk memadamkan rumah yang dibakar itu.

"Saat kami tiba di lokasi kebakaran, langsung bergerak cepat mengatasi kebakaran. Sebelumnya warga berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya," kata Teguh terpisah.

Teguh mengaku butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk mengatasi kebakaran itu. Karena luas area yang terbakar sekitar 100 meter persegi.

"Sekitar 30 menit waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi kebakaran tersebut," akunya.

Pascsakebakaran tersebut, PA langsung diamankan oleh pihak kepolisian. "Setelah kejadian itu, pelaku langsung kami amankan," ujar Kapolsek Blimbing Kompol Yanuar Rizal Ardianto.

Yanuar mengungkapkan, kondisi pelaku telah stabil dan telah dibawa ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

"Atas persetujuan dari keluarga, yang bersangkutan sudah dibawa menuju RSJ Lawang untuk mendapat penanganan dan perawatan medis lebih lanjut," pungkasnya.



Simak Video "Detik-detik Wanita ODGJ Bawa Pisau saat Masuk ke Masjid di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)