Penuh Nasionalisme, ODGJ dan Penyandang Difabel Blitar Ikut Upacara HUT RI

Fima Purwanti - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 15:02 WIB
Upacara bendera ODGJ dan penyandang difabel di Blitar
Upacara bendera ODGJ dan penyandang difabel di Blitar (Foto: Fima Purwanti/detikJatim)
Blitar -

Puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan penyandang difabel Yayasan Kinasih di Blitar turut memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 RI. Upacara bendera digelar di lereng Gunung Gogoniti, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.

Meski memiliki keterbatasan, namun mereka penuh semangat dan antusias untuk ikut upacara peringatan Kemerdekaan. Mereka pun tampak berbagi tugas mulai jadi pengibar bendera hingga membaca Pancasila.

Sementara, para peserta upacara tampak mengenakan kain batik ciprat. Kain batik ini merupakan hasil karya mereka sendiri. Ketua Rumah Kinasih, Edy Cahyono mengatakan, selama ini mereka memang telah terbiasa hidup mandiri.

"Saat ini ada sekitar 30 penyandang disabilitas dan ODGJ yang kita naungi. Mereka hidup mandiri dengan berkarya sendiri, tanpa menggantungkan belas kasihan dari orang lain," Edy, Rabu (17/8/2022).

Edy menambahkan momen kemerdekaan merupakan persamaan hak para ODGJ, penyandang disabilitas dengan warga lainnya. Sehingga, pandangan miring terhadap mereka harus dihilangkan.

Salah seorang peserta upacara, Agus mengaku senang dapat mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan ke-77 RI. Menurutnya, partisipasinya ini merupakan bentuk rasa nasionalisme.

Senada, ia berharap dalam momen hari kemerdekaan ini para difabel dan yang mempunyai keterbatasan fisik maupun mental tidak dipandang sebelah mata.

"Ini merupakan bentuk nasionalisme kita. Semoga pandangan sebelah mata terhadap kaum kita bisa dihilangkan seiring momentum hari kemerdekaan ini. Karena kami juga warga Indonesia," kata Agus.



Simak Video "Kirab Budaya Replika Merah Putih Tutup Perayaan HUT ke-77 RI di Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)