Gagahnya Merah Putih Raksasa Membentang di Tanggul Bengawan Solo Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 14:17 WIB
Merah Putih Raksasa Lamongan
Merah Putih raksasa dibentangkan di tanggul Bengawan Solo, Lamongan. (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Beragam cara dilakukan untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan. Salah satunya yang dilakukan para pemuda karang taruna di Lamongan. Mereka membentangkan Merah Putih raksasa berukuran 100 meter.

Bendera raksasa dengan panjang 100 meter dan lebar 3 meter itu dibentangkan oleh karang taruna Desa Mojoasem, Kecamatan Laren. Bendera raksasa itu terbentang memanjang di pinggir tanggul desa yang terletak di tepian Bengawan Solo itu.

"(Bendera merah putih itu) Sudah dibentangkan dari awal Agustus kemarin dan rencananya akan diambil awal September," kata Fachrur, salah satu pengurus Karang Taruna Desa Mojoasem saat berbincang dengan wartawan, Rabu (17/8/2022).

Fachrur mengaku, keberadaan bendera raksasa ini tidak lepas dari kreativitas para pemuda karang taruna yang ingin menampilkan sesuatu yang berbeda saat peringatan HUT RI ke 77. Momen kemerdekaan, menurut Fachrur, selalu dimeriahkan dengan pengibaran bendera di setiap rumah warga dengan ukuran yang bermacam-macam sehingga mereka juga punya ide untuk membentangkan bendera raksasa sebagai wujud kesatuan ide pemuda.

"Bendera merah putih raksasa dengan ukuran panjang 100 meter dan lebar 3 meter kami bentangkan memanjang di pinggiran tanggul desa," ujarnya.

Bendera raksasa ini, terang Fachrur, dibuat dari iuran para pemuda karang taruna di desanya. Rencananya, bendera raksasa itu baru akan mereka lipat kembali pada awal September mendatang dan seperti saat pemasangan, semuanya akan dilakukan secara gotong royong bersama semua anggota kartar desa setempat.

"Bendera ini kami buat dari uang iuran kartar desa kami dan tentunya semua ini tak lepas dari semangat kemerdekaan untuk mengisinya dengan hal-hal yang positif," ungkap Fachrur.

Fachrur mengakui, bendera merah putih berukuran besar tersebut adalah salah satu bendera terbesar dan terpanjang di Lamongan. Pasalnya, hingga hari ini ia belum melihat atau mendengar ada bendera raksasa lain yang dibentangkan di Lamongan.

"Sepertinya bendera kami terbesar dan terpanjang di Lamongan saat ini," tukasnya.



Simak Video "Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Klangon Merapi"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)