Pelajar Banyuwangi Menitikkan Air Mata saat Dikukuhkan Sebagai Paskibraka

Ardian Fanani - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 08:23 WIB
Bupati Ipuk mengukuhkan 69 Paskirbraka
Bupati Ipuk mengukuhkan 69 Paskirbraka asal Banyuwangi. (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Suasana khidmat terasa saat Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengukuhkan 69 pelajar sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Mereka akan bertugas pada upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022 mendatang.

Seluruh peserta yang dikukuhkan tampak larut dalam upacara yang digelar di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Minggu malam (14/8/2022). Terutama saat mereka mengucapkan ikrar dan melakukan prosesi mencium Sang Saka Merah Putih sembari diiringi lagi "Padamu Negeri". Tak sedikit dari mereka yang matanya berkaca-kaca.

Salsabila Anisa, salah satunya. Siswi SMAN 1 Giri Taruna Bangsa Banyuwangi ini terlihat menitikkan air mata. "Ini kebanggaan sekaligus kehormatan bagi saya bisa terpilih sebagai paskibraka. Ini cita-cita saya sejak SD," ujarnya usai dikukuhkan.

Usai prosesi pengukuhan, Bupati Ipuk memberikan selamat kepada para anggota paskibraka 2022.

"Selamat anak-anakku. Kalian adalah anak-anak muda yang hebat. Masa depan masih panjang. Jangan berpuas diri terpilih sebagai paskibraka. Belajar, ikut organisasi, perluas relasi, selalu berbakti kepada orang tua, rajin sedekah, itu kunci yang harus kita pegang," ujar Ipuk.

Ipuk mengatakan, mendapat kepercayaan mengibarkan bendera Merah Putih adalah kebanggaan yang tidak semua orang bisa mendapatkan. Ipuk pun berpesan agar semangat nasionalisme, patriotisme, dan jiwa kepemimpinan yang terbentuk selama masa penempaan tidak hanya berhenti pada momentum peringatan HUT RI, namun harus terus diimplementasikan dalam kehidupan.

"Kalian bisa menjadi energi positif dan menjadi contoh yang baik bagi generasi muda lainnya," papar Ipuk.

Sementara Koordinator Pelatih Paskibraka 2022 Lettu Laut Suyadi mengatakan, total paskibraka Banyuwangi 2022 berjumlah 72 orang. Mereka adalah peserta yang lolos seleksi dari 900 lebih orang yang mendaftar.

"Dari 72 paskibraka ini, sebanyak 1 orang paskibraka nasional, 2 orang paskibraka provinsi Jatim, dan 69 orang paskibraka kabupaten," urainya, Senin (15/8/2022)

Selama masa pendidikan dan pelatihan, mereka mendapatkan materi tentang peraturan baris berbaris, penghormatan militer, latihan formasi, juga penguatan jiwa nasionalisme.

Usai dikukuhkan, kata Lettu Suyadi, 69 paskibraka ini akan langsung melakukan gladi bersih hari ini untuk persiapan akhir menjelang upacara peringatan HUT RI ke 77.

"Hari ini gladi kotor dan bersih, lalu istirahat sehari sebelum bertugas pada 17 Agustus. Semoga semuanya lancar tanpa kendala," tuturnya.

Suyadi menegaskan, pada pelaksanaan upacara nanti seluruh peserta tetap menerapkan protokol kesehatan, mengingat pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Termasuk para anggota paskibraka.

Dalam upacara yang akan digelar di halaman kantor Pemkab Banyuwangi tersebut, pada pagi hari petugas pembentang bendera adalah Maulidi Iqbal (SMKN I Glagah), dengan pengerek bendera Setyo Jatmiko (SMAN 2 Taruna Bhayangkara), dan pembawa baki bendera Sabrina Anisa Andhari.

Pada sore hari, Nabila Audi Febriatus Solikha sebagai pembawa baki bendera. Sementara Irginaya Redita Adirajasa (SMAN 1 Giri Taruna Bangsa) akan bertugas sebagai pembentang bendera, didampingi dua petugas pengerek bendera yakni Rahmat Bintang (SMKN I Kalipuro) dan M. Aden Oase Agil (SMAN 2 Taruna Bhayangkara).



Simak Video "Paskibraka Istana Curi Perhatian Pengunjung Toko Buku di Matraman"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)