500 Maba UB Ikuti Masa Pengenalan Kampus, Dijamin Tak Akan Dibentak

Muhammad Aminudin - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 14:12 WIB
500 mahasiswa baru menjalani masa pengenalan kampus alias PK2MB di Universitas Brawijaya
500 mahasiswa baru menjalani masa pengenalan kampus alias PK2MB di Universitas Brawijaya (UB)/Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim
Kota Malang -

Universitas Brawijaya (UB) menggelar masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) secara hybrid selama enam hari. Yakni mulai hari ini (16/8) hingga 21 Agustus.

Pelaksanaan PK2MB di hari pertama diikuti sebanyak 500 mahasiswa yang hadir langsung di lapangan rektorat hari ini. Sedangkan sisanya sebanyak 15.179 mahasiswa mengikuti secara daring.

Koordinator Orentasi Mahasiswa dr Eriko Prawestiningtyas menjelaskan prosesi penerimaan mahasiswa baru di hari pertama hanya berlangsung sampai jam 11.00 WIB.

Sedangkan hari kedua dan ketiga baru dilakukan secara blended dan dibagi empat sesi. Tiap sesi diikuti secara luring oleh 750 mahasiswa baru di Gedung Samantha Krida. Sedangkan sisanya mengikuti daring melalui Google Meet dan Zoom.

"Mahasiswa yang telah selesai sesinya tidak berkewajiban untuk tetap di UB, jadi bisa mengikuti sesi selanjutnya secara daring," kata kepada wartawan, Selasa (16/8/2022).

Untuk mendukung pelaksanaan PK2MB secara daring panitia menyiapkan 144 operator. Operator itu bukan hanya bertanggung jawab secara teknis tapi diharapkan menjadi pengawas penyelenggaraan PK2MB secara daring.

"Untuk panitia operator yang akan mengawasi kegiatan Maba secara daring akan ada Bimtek (bimbingan teknis) yang salah satu materinya dari Unit Konseling dan Pencegahan Kekerasan Seksual," bebernya.

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran ini menyampaikan kepada panitia mahasiswa yang diwakili unsur Eksekutif Mahasiswa (EM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) agar tidak ada mobilisasi mahasiswa menuju gerbang ke luar, cukup diarahkan keluar dari gedung acara saja.

Selain itu juga tidak diperkenankan melakukan mobilisasi mahasiswa berdasarkan fakultas sebelum memasuki lapangan. Orientasi pendidikan dan orientasi mahasiswa fakultas akan digelar selama dua hari.

Dalam kegiatan itu mahasiswa akan mendapatkan materi kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara, sistem pendidikan tinggi di Indonesia, perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi.

Tidak hanya itu mahasiswa juga akan mendapat materi tentang kesadaran lingkungan hidup, manajemen risiko, dan kampus sehat, materi pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektual, anti kekerasan, dan anti perundungan, serta materi muatan lokal.

Sementara Presiden Mahasiswa UB Nurcholis Mahendra berharap mahasiswa baru dapat mengikuti PK2MB dengan baik sebagai gerbang awal untuk mengenal kampus, organisasi kampus, pertemanan, dan perbedaan budaya.

Ia menjamin dalam pelaksanaan PK2MB tidak ada perundungan yang akan dilakukan oleh panitia terhadap mahasiswa baru. Itu sudah tertuang dalam Peraturan Rektor Nomer 63/2022 tentang PK2MB tahun akademik 2022/2023.

"Kami tidak akan melakukan pembentakan untuk mobilisasi mahasiswa. Panitia akan memperlakukan peserta dengan humanis," ujarnya.



Simak Video "Festival Ketan Lumajang Gelar Sedekah Hasil Gunungan dan Olah Makanan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)