Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya Pengenalan Kampus Mulai Besok

mu - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 17:33 WIB
Jumlah peminat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Brawijaya (UB) merupakan yang terbanyak di Indonesia. Yakni mencapai 55.871 calon mahasiswa.
Universitas Brawijaya (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Ribuan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) akan mengikuti kegiatan penerimaan dan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PPKMB) tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan akan dimulai pada 16 Agustus hingga 21 Agustus 2022.

UB menerima sebanyak 5.160 mahasiswa baru melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. Sedangkan pada jalur SNMPTN menerima 3.445 mahahsiswa baru. Total pendaftar mencapai 40,094 peserta.

Sedangkan di jalur mandiri 2022 UB mematok kuota 50 persen atau sekitar 8.570 orang. Berdasarkan pengumuman yang diunggah di laman seleksi masuk Universitas Brawijaya atau Selma.ub.ac.id, jadwal kegiatan PPKMB di UB diawali dengan upacara di lapangan rektorat pada Selasa (16/8/2022), pukul 05.00-11.00 WIB.

Kegiatan di hari pertama ini akan dibagi menjadi dua yakni daring dan luring. Namun, UB belum menjelaskan secara detail, berapa jumlah mahasiswa baru yang nantinya mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru di lapangan rektorat.

"Memang benar ada pembagian, yakni yang mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru luring dan daring. Untuk jumlahnya berapa nanti menyusul kita sampaikan," ujar Kepala Humas dan Kearsipan UB Kotok Gurito kepada detikJatim, Senin (15/8/2022).

Kotok menjelaskan kegiatan PPKMB akan dimulai pada 16 Agustus 2022 sampai dengan 21 Agustus 2022. Pada hari kedua, setelah upacara penerimaaan, akan diisi kegiatan orentasi pendidikan (ordik) dan orentasi mahasiswa (ormaha).

"Orentasi pendidikan dan orentasi mahasiswa akan digelar di gedung Samantha Krida. Dan nanti akan dibagi sesuai jadwal, luring serta daring," beber Kotok.

Setelah dua hari mengikuti masa orentasi pendidikan dan mahasiswa, lanjut Kotok, mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan PPKMB di fakultas masing-masing.

"Kegiatan ini digelar mulai 19 Agustus sampai 21 Agustus," ujar Kotok.

Untuk informasi seputar kegiatan PPKMB, mahasiswa baru dapat mengakses laman rajabrawijaya.ub.ac.id.

Selain itu, UB juga mengatur lalu lalang kendaraan di masa PPKMB. Ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya kepadatan di lingkungan kampus. Kendaraan pengantar mahasiswa baru hanya diperbolehkan sampai pintu gerbang di Jalan Veteran, Kota Malang.

Mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan PPKMB sejak hari pertama, dapat berjalan kaki menuju lokasi kegiatan. Dan nantinya kendaraan tanpa melengkapi ID pegawai kampus dilarang untuk masuk.



Simak Video "Polri Update Korban Tragedi Kanjuruhan: 125 Meninggal, 21 Luka Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)