Mendagri-Khofifah Galakkan Gerakan Berbagi 10 Juta Bendera di HUT Ke-77 RI

Faiq Azmi - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 23:59 WIB
Mendagri-Khofifah Galakkan Gerakan Berbagi 10 Juta Bendera di HUT Ke-77 RI
Mendagri, Gubernur Khofifah dan Eri Cahyadi (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendukung penuh Gerakan Berbagi 10 Juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan Mendagri Tito Karnavian.

Dukungan tersebut juga dibuktikan Gubernur Khofifah dengan pembagian dan pengibaran sebanyak 2.666.950 bendera kepada masyarakat di seluruh Jawa Timur bersama Mendagri Tito 3 hari menjelang Hari Kemerdekaan ke-77 RI di Halaman Gedung Negara Grahadi, Minggu (14/8/2022).

Pembagian tersebut dilakukan sejak 2 Agustus 2022 dan terus berlanjut hingga saat ini. Khofifah mencanangkan pembagian 77 ribu bendera di Kantor Gubernur Jawa Timur Jl Pahlawan 110, Surabaya. Antusiasme berbagai pihak dalam mendukung gerakan ini menjadikan semakin masif.

"Momentum yang sangat strategis di Hari Pramuka ke-61 ini menguatkan semangat persatuan kita dari berbagai elemen. Pak Mendagri kehadirannya memberikan penguatan. Hadirnya beliau sungguh menjadi semangat luar biasa bagi seluruh elemen strategis di Jatim," ungkap Khofifah.

Khofifah menekankan, dengan mengibarkan bendera yang satu dan sama, simbol persatuan Indonesia telah terwujud. Hal ini adalah simbol bahwa masyarakat Jatim dan Indonesia solid berpegang teguh pada semangat kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Menghadirkan toleransi bukan hanya dengan narasi dan orasi, tapi juga dengan pikiran, gerakan dan tindakan nyata. Maka kekuatan moderasi dan toleransi untuk membangun negeri harus dijaga titik ekuilibrium dinamiknya," sebutnya.

Bendera yang melambangkan identitas negara Indonesia itu diharap Khofifah dapat memupuk rasa nasionallisme, patriotisme, dan wawasan kebangsaan. "Kita ini bangsa yang besar, plural, toleran, rasa persatuan tidak boleh tergoyahkan," katanya.

Di Halaman Negara Grahadi, Tito bersama Khofifah menyerahkan secara simbolik bendera kepada 12 perwakilan dari berbagai masyarakat.

"Pembagian ini adalah simbol bahwa NKRI harga mati, Indonesia bangsa yang dinamis dan plural. Hati merah putih, gerakan kita merah putih," tuturnya.



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]