Melihat Keseruan Lomba Hias-Balap Perahu di Gresik dan Pasuruan

Jemmi Purwodianto dan Muhajir Arifin - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 05:35 WIB
Lomba perahu hias gresik
Masyarakat Gresik menggelar tradisi sedekah laut sebelum lomba hias perahu. (Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim)
Gresik -

Banyak kegiatan dilakukan masyarakat untuk merayakan HUT ke-77 RI. Seperti yang ada di Kabupaten Gresik dan Pasuruan. Ada lomba menghias dan balap perahu untuk menyemarakkan hari kemerdekaan.

Di Gresik, warga Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menggelar lomba hias perahu. Bersamaan dengan tradisi sedekah laut, 300 nelayan, menghiasi perahu mereka dengan pernak-pernik merah putih. Acara dimulai dengan kirab tumpeng di tengah laut.

Ketua Rukun Nelayan Campurejo Muzi mengatakan, sedekah laut merupakan tradisi turun-temurun yang terus dilestarikan. Sebab, bertepatan dengan bulan kemerdekaan.

Lomba perahu hias gresikLomba perahu hias gresik. Foto: (Jemmi Purwodianto/detikJatim)

"Selain mensyukuri pemberian Tuhan akan pemberian ikan yang berlimpah, kami hias Perahu, untuk memperingati HUT RI ke-77," kata Muzi, Sabtu (13/8/2022).

Pada perlombaan perahu hias, panitia menyiapkan beberapa juri. Perahu dengan hiasan terbaik akan diberikan hadiah oleh panitia sebesar Rp 2,5 Juta dan satu ekor kambing. Dalam sedekah laut kali ini para nelayan berharap tangkapan ikan hasil melaut meningkat.

"Harapannya hasil tangkapan meningkat, selain itu SPBU Nelayan di Campurejo bisa diaktifkan kembali, sehingga tidak jauh-jauh beli," tukas Muzi.

Serunya balap perahu di Pasuruan. Baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Serunya Perayaan HUT RI di Tabanan, Ada Sepeda Hias 'Tank Tempur'"
[Gambas:Video 20detik]