Kades Rejowinangun Dulu Minta KTP, Kini Parodikan Pesulap Merah

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 11 Agu 2022 18:00 WIB
Pesulap Merah saat mendatangi Padepokan Gus Samsudin di Blitar
Pesulap Merah saat dimintai KTP Kades Rejowinangun (Foto: tangkapan layar/YouTube Marchel Radival)
Blitar -

Publik tentu masih ingat polemik antara Gus Samsudin dengan Pesulap Merah. Polemik ini sampai menyeret nama Kades Rejowinangun, Kademangan, Blitar, Bhagas Wigasto. Saat cekcok di desanya, Bhagas pernah meminta KTP Pesulap Merah.

Saat itu Pesulap Merah yang tak percaya pengobatan Gus Samsudin hendak membuktikan keaslian ilmu spiritual. Bahkan, Pesulap Merah mendatangi langsung Padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin di Blitar.

Kedatangan Pesulap Merah ke Blitar sempat memicu cekcok dengan anak buah Gus Samsudin di padepokan. Akhirnya, Kades Rejowinangun turun tangan dan meminta KTP Pesulap Merah. Proses ini sempat alot karena Pesulap Merah awalnya enggan memberikan KTP-nya.

Bhagas Wigasto menegaskan, apa yang dilakukannya telah sesuai dengan aturan. Saat itu, ia hanya berupaya menjaga keamanan desa.

"Sebagai upaya untuk menjaga keamanan desa, saya mengambil peran itu. Di situ (kedatangan Pesulap Merah di padepokan Gus Samsudin) muncul potensi masalah," ujar Bhagas saat dikonfirmasi detikJatim, Jumat (29/7).

Bhagas berpikir jika keberadaan kedua belah pihak bisa menimbulkan potensi masalah keamanan. Terlebih, sempat terjadi gesekan antarkeduanya yang terjadi di jalan desa. Sehingga, menimbulkan kerumunan massa dan perlu upaya meredam potensi keamanan itu.

"Saya di situ untuk menenangkan kedua belah pihak. Saya minta KTP itu kalau terjadi chaos, bisa untuk pertanggungjawaban. Itu juga sudah tupoksi dari perangkat desa," terangnya.

Meski sempat ramai hingga sang kades dihujat di akun media sosial desanya, namun kini kisah tersebut justru diparodikan. Parodi Gus Samsudin dan Pesulap Merah yang menyangkutpautkan KTP ini untuk memeriahkan acara Peringatan 17 Agustus di Desa Rejowinangun.

Bahkan, video parodi Gus Samsudin dan Pesulap Merah viral di media sosial hingga grup WhatsApp. Dalam video itu, tampak sejumlah orang menggunakan pakaian layaknya Gus Samsudin, sementara ada satu orang menggunakan outfit khas Pesulap Merah.

Kades Rejowinangun blak-blakan pesan terselubung dalam parodi Gus Samsudin-Pesulap Merah, di halaman selanjutnya!