Bulan Imunisasi Anak Nasional, Dinkes Surabaya Sasar 178.876 Balita

Esti Widiyana - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 13:25 WIB
Imunisasi anak di Surabaya
Imunisasi anak di Surabaya. (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Dinkes Surabaya menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) mulai 1 Agustus 2022. Sebanyak 178.876 anak menjadi sasaran imunisasi bulan ini.

Kepala Dinkes Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, sasaran BIAN adalah balita usia 9-59 bulan. Imunisasi ini penting untuk mencegah anak-anak agar tak mudah terserang penyakit.

"(Fokus) BIAN ini adalah pemberian imunisasi Campak-Rubella, serta melengkapi dosis imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat," jelas Nanik, Senin (8/8/2022).

Nanik menambahkan, selama proses imunisasi, sebagian orang tua balita masih merasa khawatir dan takut. Salah satunya takut muncul reaksi pascaimunisasi.

"Karena kurangnya pengetahuan mengenai manfaat dan mekanisme penanganan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI)," ujarnya.

Meski begitu, Nanik meminta orang tua agar tidak panik. Mengingat pentingnya imunisasi sebagai salah satu upaya intervensi kesehatan masyarakat terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I).

"Maka diimbau untuk seluruh orang tua yang mempunyai anak usia 9-59 bulan agar berperan aktif ikut serta dalam pelaksanaan BIAN," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani telah meninjau pelaksanaan BIAN di beberapa Posyandu. Pemkot sendiri memasang target 100 persen anak-anak di Surabaya mendapatkan imunisasi.

"Kami lengkapi imunisasi untuk anak-anak pada bulan Agustus ini, jadi serentak dilakukan. Harapan kami, satu bulan ini mencapai target 100 persen anak-anak Surabaya mendapatkan imunisasi," terang Rini.



Simak Video "Kejar Target Imunisasi Anak, Menkes Terapkan Skema Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)