Dinkes Tulungagung Targetkan Imunisasi 55 Ribu Anak dalam Sebulan

Adhar Muttaqin - detikJatim
Kamis, 04 Agu 2022 02:03 WIB
Bulan Imunisasi Anak Nasional di Tulungagung
Foto: Bulan Imunisasi Anak Nasional di Tulungagung (Adhar Muttaqin/detikJatim)
Tulungagung -

Dinas Kesehatan Tulungagung mulai menjalankan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Imunisasi ditargetkan akan tuntas selama satu bulan ke depan.

Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung Kasil Rokhmat mengatakan kick off imunisasi digelar secara serentak hari ini di 32 lokasi yang tersebar di 19 kecamatan.

Imunisasi yang diberikan adalah Measles Rubella (MR), Polio, Hepatitis dan imunisasi lengkap lainnya. Sasaran program imunisasi ini yakni 55 ribu anak dengan usia 9 sampai 59 bulan se-Tulungagug.

"Khusus di Desa Bagoan ini sasarannya ada 350-an anak, sedangkan se-Tulungagung sekitar 55 ribu anak," kata Kasil, Rabu (3/8/2022).

Pemberian imunisasi melalui dua cara, yakni injeksi atau disuntik serta oral atau ditetes. Pihaknya menargetkan program imunisasi tersebut akan tuntas dalam kurun waktu satu bulan.

"Kami menargetkan tiga minggu selesai, nanti minggu terakhirnya untuk anak yang sebelumnya sakit atau bepergian," jelas Kasil.

Untuk memaksimalkan pemberian imunisasi, Dinkes Tulungagung akan melakukan pemantauan setiap hari kinerja di masing-masing lokasi pemberian BIAN. Sehingga Dinkes bisa mengambil langkah-langkah antisipatif jika terjadi kendala atau persoalan di lapangan.

"Akan kami evaluasi capaiannya berapa, apa persoalannya, kenapa dan sebagainya. Ini sebagai evaluasi untuk perbaikan pada imunisasi hari berikutnya," jelasnya.

Kasil menambahkan saat ini jadwal penyelenggaraan imunisasi telah dibuat secara rigid di masing-masing desa dan kelurahan. Penentuan jadwal yang jelas tersebut akan mempermudah petugas kesehatan dan masyarakat dalam mengikuti program imunisasi nasional.



Simak Video "Kejar Target Imunisasi Anak, Menkes Terapkan Skema Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)