Risma ke Bangkalan Kunjungi Nenek Tipatma yang Rawat 3 Anak Disabilitas

Kamaludin - detikJatim
Jumat, 05 Agu 2022 23:33 WIB
Mensos Risma kunjungi nenek Tipatma di Bangkalan
Foto: Mensos Risma kunjungi nenek Tipatma di Bangkalan (Kamaludin/detikJatim)
Bangkalan -

Nasib Tipatma (64) yang merawat empat anggota keluarganya yang menyandang disabilitas menyita perhatian Menteri Sosial, Tri Rismaharini. Nenek yang tinggal di Dusun Du'alas, Desa Klapayan, Sepulu didatangi oleh Risma.

Tipatma yang tinggal di sebuah rumah beralaskan tanah itu merawat tiga anaknya yakni Kulsum (34) , Toyyibeh (32) dan Tijeh (47) yang mengalami gangguan tunarungu dan tunawicara. Tak hanya itu, anak Tijeh yakni Musarrofah (18) juga mengalami Cerebral palsy atau gangguan kelumpuhan otak yang mengakibatkan kelumpuhan seluruh syaraf tubuhnya.

Hal ini, membuat Risma turun tangan menangani kasus tersebut secara langsung. Dalam kunjungannya, Risma memberikan bantuan langsung pada keluarga Tipatma berupa sembako dan seekor sapi. Tak hanya itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan perbaikan rumah agar lebih layak ditinggali.

"Rumah Bu Tipatma ini akan kami perbaiki agar lebih layak untuk ditinggali. Karena selama ini, beliau dan keluarganya tinggal di atas bangku yang terbuat dari bambu. Kami juga memberikan bantuan seekor sapi dan beberapa sembako," ujar Risma, Jumat (5/8/2022).

Risma juga menyebut bahwa pihaknya juga memberikan bantuan uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan khusus untuk Musarofah diberikan bantuan kasur dan kursi roda yang didesain khusus sesuai untuk aktifitasnya.

Mendapat bantuan itu, Tipatma langsung mengucap syukur dan terimakasih ke mantan wali kota Surabaya itu. "Alhamdulillah, terimakasih atas bantuannya. Ini sangat membantu kami dan terimakasih sudah peduli," imbuhnya.

Bahkan, saking senangnya mendapat bantuan sapi, Tipatma langsung mencari rumput untuk pakan. Tipatma sendiri merupakan buruh yang sehari-hari merawat sapi milik tetangganya. Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari, ia dan anaknya biasanya membuat tikar untuk dijual ke pasar. Tikar buatannya ia jual seharga Rp 30 ribu per lembar.



Simak Video "Tujuan Mensos Risma Ajak Jan Ethes saat Salurkan Bantuan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)